Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ongkos Perawatan Mobil Kecil yang Sudah Dilapis Coating

Kompas.com - 10/07/2024, 11:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Coating mobil merupakan salah satu cara efektif untuk melindungi dan mempercantik tampilan kendaraan Anda. Namun, setelah melakukan coating pada mobil kecil, pemilik mobil perlu melakukan perawatan rutin sangat demi menjaga tampilan dan ketahanan lapisan pelindung tersebut.

Coating memberikan perlindungan ekstra pada eksterior mobil, membuatnya lebih tahan terhadap goresan, kotoran, dan efek cuaca, namun tanpa perawatan yang tepat, manfaat ini bisa berkurang seiring waktu.

"Mobil kecil ada perawatan tiap 6 bulan sekali dengan biaya Rp 500.000 untuk eksterior (body dan kaca) yang sudah termasuk free coating 1 layer," kata Putro dari Maestro Glossy Auto Detailing & Coating kepada Kompas.com, Selasa (9/7/2024).

Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Tol JORR 2 Tersambung Penuh 111 Km

Ia menekankan pentingnya melakukan perawatan berkala ini untuk memastikan coating tetap optimal dan memberikan perlindungan maksimal.

Perawatan setelah coating mencakup beberapa langkah penting. Pertama, mencuci mobil secara rutin dengan sabun khusus yang lembut untuk menjaga kebersihan permukaan tanpa merusak lapisan coating.

Ilustrasi mobil yang sudah diberikan coating.Instagram maestroglossy.detailing Ilustrasi mobil yang sudah diberikan coating.

Selain itu, hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat mengikis lapisan pelindung. Selain itu, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama yang dapat merusak coating dan menyebabkan pudar warna.

Baca juga: Video Wanita Berkendara Motor Sambil Berdiri, Nyaris Tersenggol Truk

Mengikuti jadwal perawatan setiap 6 bulan tidak hanya membantu menjaga estetika mobil tetap prima, tetapi juga memperpanjang usia lapisan coating.

Dengan perawatan yang tepat, mobil kecil Anda akan tetap terlihat baru dan terlindungi dari berbagai elemen lingkungan yang dapat merusak penampilannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau