Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Jarak Pandang Mengemudi Saat Kondisi Hujan

Kompas.com - 05/07/2024, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim hujan kewaspadaan pengemudi perlu ditingkatkan lagi, pasalnya seperti saat hujan deras jarak pandang akan terbatas.

Jarak pandang bisa menurun drastis ketika hujan, air hujan mengaburkan pandangan yang secara signifikan mengurangi kemampuan pengemudi untuk melihat jelas apa yang ada di depan mereka.

Hal tersebut, tentu membuat pengemudi harus lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan saat berkendara.

Baca juga: Waspada, Ini yang Bisa Bikin CVT Elektronik Nmax Turbo Rusak

Situasi kemacetan lalu lintas di ruas Jalan Tol Dalam Kota pada Jumat (24/2/2023).Dokumentasi Pribadi Situasi kemacetan lalu lintas di ruas Jalan Tol Dalam Kota pada Jumat (24/2/2023).

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant mengatakan, saat cuaca buruk umumnya visibilitas pengemudi menjadi terbatas, apalagi jika ditambah dengan kaca film yang gelap.

“Jika sudah mengganggu lebih dari 40 persen segera cari tempat berhenti yang aman. Jika masih mampu dan urgent, maka mengemudilah dengan hati-hati, kurangi kecepatan sesuaikan dengan visibilitas (pastikan jarak mata memandang min 10 - 15 meter) dan jaga jarak sesuaikan dengan waktu atau ruang bereaksi (waspadai hal-hal yang tidak terduga),” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Ini Jas Hujan yang Aman untuk Pengendara Motor


Sementara, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat hujan lebat visibilitas akan berkurang.

“Saat mengemudi pada hujan deras dan visibilitas berkurang yang harus dilakukan adalah turunkan kecepatan, minimal 10 km dari kecepatan normal,” kata Jusri.

Jusri menjelaskan, hal ini perlu dilakukan karena untuk memperbaiki kondisi normal sehingga jarak pandang kita masih mampu membuat kendaraan berhenti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com