Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa ADAS, Citroen Pede Pasarkan Mobil Listrik E-C3

Kompas.com - 05/07/2024, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Citroen Indonesia resmi memasarkan E-C3 Electric. Mobil listrik tersebut cukup berbeda dari kompetitornya yang sudah lebih dulu meluncur.

Pasalnya, E-C3 tidak memiliki sistem bantuan pengemudi atau Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Teknologi tersebut bisa dikatakan dimiliki hampir semua mobil listrik di Indonesia.

Baca juga: Jajal Citroen E-C3 Puncak-Jakarta, Top Speed Mentok 107 Kpj

Tapi, tidak dengan E-C3 yang fiturnya sangat sederhana. Meski demikian, Citroen Indonesia percaya diri mobil listriknya memiliki pasarnya sendiri.

Test drive Citroen E-C3Dok. Citroen Indonesia Test drive Citroen E-C3

"E-C3 mungkin salah satu strategi kita yang jadi pertimbangan kita harga yang bersaing," ujar Tan Kim Piauw, CEO Citroen Indonesia, kepada wartawan, saat ditemui di Bogor, belum lama ini.

"Lalu, yang kedua, kita melihat bahwa kebutuhan masyarakat fitur-fitur minimal yang sudah ada di mobil ini berusaha kita penuhi. Sebenarnya, kebutuhan untuk suatu mobil yang safety dan nyaman sudah cukup tersedia di E-C3," kata Tan.

Baca juga: Kemahalan, Citroen Indonesia Batal Jual Mobil Listrik E-C4

Menurut Tan, masih ada beberapa konsumen yang tidak memikirkan soal fitur canggih. Bahkan, fitur canggih yang ada pun kadang tidak dimanfaatkan secara optimal.

Test drive Citroen E-C3Dok. Citroen Indonesia Test drive Citroen E-C3

"Saya pribadi beberapa kali bicara dengan konsumen, teknologi dan fitur canggih kalau saya tanya mereka, 'Kalian pakai atau tidak?', Sebenernya tidak dipakai, tapi keren saja. Ini yang di Citroen dalam mempelajari pasar itu sering memikirkan sesuai dengan value atau nilai dari Citroen," ujarnya.

Saat ini, Citroen E-C3 dibanderol Rp 377 juta (OTR Jakarta) dan didatangkan secara utuh alias CBU dari India. Namun, Citroen Indonesia sudah berencana untuk merakitnya secara lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com