Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen AHM buat Keselamatan Berkendara di Indonesia

Kompas.com - 04/07/2024, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas di Indonesia didominasi oleh pengendara motor. Salah satu hal yang dilakukan pabrikan motor akan hal tersebut adalah seringnya mengadakan kampanye keselamatan berkendara.

Menurut Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), kampanye keselamatan berkendara yang dilakukan diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan di jalan.

"Menurut saya dua hal berbeda, ada tingkat kecelakaan, kita prihatinkan. Lalu kita juga harus mengkampanyekan safety riding, kita tidak menyalakan yang gelap, tapi menyalakan lilin keselamatan," kata pria yang akrab disapa Muhib di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: Suzuki Burgman Street 125EX Catat Penjualan 3.000 Unit

Kompetisi keselamatan berkendara Astra Honda Motor Kompas.com/Fathan Kompetisi keselamatan berkendara Astra Honda Motor

Maksud Muhib, cara mengurangi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan motor adalah dengan memperbanyak pelopor keselamatan di tanah air. 

"Itu lebih baik, mencetak orang yang menyuarakan keselamatan," kata Muhib.

Selama dua dekade terakhir, AHM bersama jaringannya secara konsisten telah menggelar lebih dari 24.000 pelatihan keselamatan berkendara dengan melibatkan lebih dari 3,3 juta peserta. Edukasi ini didukung oleh Honda Riding Trainer (HRT) yang tersedia di seluruh Indonesia dan telah dimanfaatkan oleh lebih dari 26,3 juta individu.

Baca juga: Spesifikasi Honda CRF250L, Beda dari CRF250 Rally

AHM bersama jaringan diler utama juga mengembangkan sembilan Safety Riding Center Honda di berbagai daerah di Indonesia. Serta membangun AHM Safety Riding Park sebagai pusat pelatihan terbesar di Kawasan Asia Tenggara.

Fasilitas ini tidak hanya digunakan oleh para peserta kompetisi, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang keselamatan berkendara.

AHM juga telah mengemas kegiatan keselamatan berkendara dengan tagline #Cari_Aman sejak tahun 2017, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara terutama di kalangan generasi muda.

Melengkapi hal ini, AHM juga telah bermitra dengan 17 sekolah di berbagai wilayah di Indonesia melalui sekolah binaan dan juga Safety Riding Lab untuk mewujudkan budaya berkendara yang aman dan nyaman di kalangan anak muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com