Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Resmi Jadi Pebalap Tes Honda Mulai 2025

Kompas.com - 03/07/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro akan menyudahi karier balapnya di MotoGP dengan Aprilia pada akhir musim ini. Selanjutnya, Aleix akan menjadi pebalap tes untuk membantu Honda Racing Corporation (HRC).

Dikutip dari Crash.net, Rabu (3/7/2024), Aleix yang akan ditunjuk untuk memimpin pengembangan RC213V. Tentunya, dia akan dibantu oleh pebalap tes Honda sebelumnya, yakni Stefan Bradl.

Baca juga: Nasib Aleix Espargaro Usai Umumkan Pensiun dari MotoGP

"Honda Racing Corporation akan memperkuat program pengujian dengan bergabungnya Aleix Espargaro sebagai pebalap tes pada tahun 2025," tulis keterangan resmi Honda, belum lama ini.

Aleix EspargaroInstagram @aleixespargaro Aleix Espargaro

Sejauh ini, pengembangan Honda masih belum menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Motornya juga masih jauh dari kata kompetitif dan belum ada pebalapnya yang finis di sepuluh besar.

Prestasi terbaik Honda adalah finis di posisi ke-13 oleh Johann Zarco. Hasil tersebut diraih pada MotoGP Belanda 2024 di Sirkuit Assen.

Baca juga: Aleix Batal Jadi Pebalap Tes Yamaha, Minta Gaji Terlalu Tinggi

Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. @johannzarco Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

"Sangat bersemangat untuk memulai babak baru dalam karir saya! Sebuah kehormatan bisa bergabung dengan HRC sebagai pebalap penguji dan anggota tim! Saya akan mencoba yang terbaik untuk membantu mereka kembali ke puncak!" kata Aleix.

Tidak menutup kemungkinan nantinya Aleix juga akan mendapat kesempatan sebagai pebalap wild card dan mengikuti seri-seri tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com