Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kata Turbo pada Nmax, Yamaha Sebut Itu Strategi Marketing

Kompas.com - 21/06/2024, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Nmax generasi ketiga pada Juni 2024. Skutik bongsor ini mendapat ubahan signifikan dari teknis dan penamaan dengan embel-embel 'Turbo'.

Meski begitu, kata Turbo ini tidak merujuk pada sistem induksi paksa turbocharger seperti yang umum dipakai kendaraan roda empat.

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing PT YIMM, mengakui bahwa kata Turbo pada Nmax terbaru merupakan bahasa marketing.

Baca juga: Kecelakaan Porsche Tabrak Truk, kalau Ada RUP Mungkin Tidak Akan Fatal

Yamaha NMAX Turbo hadir dengan pembaruan fitur yang cukup canggih di kelasnya. Kehadiran fitur baru bertujuan untuk meningkatkan performa skutik bongsor ini, walaupun berdasarkan spek di atas kertas tidak berbeda jauh dengan model sebelumnya.Dok. YIMM Yamaha NMAX Turbo hadir dengan pembaruan fitur yang cukup canggih di kelasnya. Kehadiran fitur baru bertujuan untuk meningkatkan performa skutik bongsor ini, walaupun berdasarkan spek di atas kertas tidak berbeda jauh dengan model sebelumnya.

"Sebenarnya untuk mengkomunikasikan teknologi terbaru dari Yamaha yang menggunakan YECVT itu kita mencoba mencari kata-kata atau istilah yang mudah dipahami," ujar Anton di Cibinong (21/6/2024).

"Nah, Turbo ini menjadi pilihan, tapi bukan sekadar penamaan saja. Melainkan memang benar-benar ada sensasi turbo, soalnya teknologi ini kan ada di dalam mesin. Tidak bisa dilihat langsung, begitu juga dengan YECVT, kata dia.

Anton menambahkan, penggunaan kata Turbo sengaja disematkan untuk memudahkan masyarakat dalam memahami teknologi baru dari Yamaha.

Baca juga: Motor Listrik Tangkas Resmi Dapat Subsidi, Harga mulai Rp 10 Jutaan

Bahkan penulisan Turbo pun diakui menggunakan tanda kutip, mengisyaratkan sebuah makna yang berbeda dari kata aslinya.

"Makanya kita komunikasikan pakai kata turbo ini, yang mudah dipahami oleh konsumen untuk memperkenalkan teknologi YECVT ini. Kita pakai (tanda) kutip turbo,” ucap Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com