Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Perintah Suara Wuling Cloud EV yang Lebih Lengkap

Kompas.com - 17/05/2024, 13:52 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Cloud EV akhirnya resmi dipasarkan setelah diumumkan harganya. Mobil listrik ini dibekali dengan fitur perintah suara yang lebih lengkap dibandingkan Air ev dan Binguo EV.

Wuling memiliki fitur perintah suara berbahasa Indonesia. Fitur ini disebut dengan Wuling Indonesian Command (Wind). Sementara pabrikan lain, menggunakan bahasa Inggris untuk perintah suara.

Baca juga: Beda Rp 26 Jutaan, Ini Plus Minus Wuling Binguo EV dan Cloud EV

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, fitur perintah suara berbahasa Indonesia ini memang menjadi salah satu ciri khasnya Wuling sejak beberapa tahun yang lalu.

Test drive Wuling Cloud EVKompas.com/Adityo Test drive Wuling Cloud EV

"Untuk Cloud EV, kami meningkatkan kemampuan fitur perintah suaranya melalui beberapa macam perintah-perintah yang baru," ujar Danang, kepada wartawan, saat pengumuman harga Cloud EV, di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

"Tentunya, ini akan menambah pilihan atau fleksibilitas bagi pengendara ketika dia ingin mengakses fitur tertentu," kata Danang.

Baca juga: Dibanderol Rp 398,8 Juta, Intip Spesifikasi Wuling Cloud EV

Danang menambahkan, contoh perintah suara baru yang ada pada Cloud EV adalah mengatur lampu depan maupun wiper. Jadi, ketika pengguna mau menyalakan lampu depan, bisa memilih antara lewat head unit atau perintah suara.

Fitur ADAS Wuling Cloud EVKompas.com/Adityo Fitur ADAS Wuling Cloud EV

"Kelebihan yang lain adalah perintah suara ini sepenuhnya berbahasa Indonesia. Jadi, mempelajarinya itu tidak terlalu susah, dengan bahasa Indonesia yang pilihan katanya cukup banyak. Penggunanya tidak memerlukan waktu lama untuk beradaptasi," ujarnya.

Beberapa fitur perintah suara baru yang hanya ada pada Cloud EV, seperti membuka dan menutup pintu bagasi, menyalakan dan mematikan lampu ambient, mengetahui sisa baterai dan jarak tempuh, membuka dan melipat spion, mengatur mode berkendara, mengatur Automatic Vehicle Hold (AVH), reset trip, mengatur pemulihan daya, mengatur kendaraan, dan lainnya.

Cloud EV saat ini dipasarkan dengan satu varian. Untuk harganya, Wuling membanderolnya dengan Rp 398,8 juta (OTR Jakarta) dan sudah termasuk insentif PPN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com