Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Perintah Suara Wuling Cloud EV yang Lebih Lengkap

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Cloud EV akhirnya resmi dipasarkan setelah diumumkan harganya. Mobil listrik ini dibekali dengan fitur perintah suara yang lebih lengkap dibandingkan Air ev dan Binguo EV.

Wuling memiliki fitur perintah suara berbahasa Indonesia. Fitur ini disebut dengan Wuling Indonesian Command (Wind). Sementara pabrikan lain, menggunakan bahasa Inggris untuk perintah suara.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, fitur perintah suara berbahasa Indonesia ini memang menjadi salah satu ciri khasnya Wuling sejak beberapa tahun yang lalu.

"Untuk Cloud EV, kami meningkatkan kemampuan fitur perintah suaranya melalui beberapa macam perintah-perintah yang baru," ujar Danang, kepada wartawan, saat pengumuman harga Cloud EV, di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

"Tentunya, ini akan menambah pilihan atau fleksibilitas bagi pengendara ketika dia ingin mengakses fitur tertentu," kata Danang.

Danang menambahkan, contoh perintah suara baru yang ada pada Cloud EV adalah mengatur lampu depan maupun wiper. Jadi, ketika pengguna mau menyalakan lampu depan, bisa memilih antara lewat head unit atau perintah suara.

"Kelebihan yang lain adalah perintah suara ini sepenuhnya berbahasa Indonesia. Jadi, mempelajarinya itu tidak terlalu susah, dengan bahasa Indonesia yang pilihan katanya cukup banyak. Penggunanya tidak memerlukan waktu lama untuk beradaptasi," ujarnya.

Beberapa fitur perintah suara baru yang hanya ada pada Cloud EV, seperti membuka dan menutup pintu bagasi, menyalakan dan mematikan lampu ambient, mengetahui sisa baterai dan jarak tempuh, membuka dan melipat spion, mengatur mode berkendara, mengatur Automatic Vehicle Hold (AVH), reset trip, mengatur pemulihan daya, mengatur kendaraan, dan lainnya.

Cloud EV saat ini dipasarkan dengan satu varian. Untuk harganya, Wuling membanderolnya dengan Rp 398,8 juta (OTR Jakarta) dan sudah termasuk insentif PPN.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/05/17/135237315/fitur-perintah-suara-wuling-cloud-ev-yang-lebih-lengkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke