Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Laju Mobil Tidak Stabil

Kompas.com - 23/03/2024, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalanan jauh, mobil perlu dipersiapkan agar mencapai performa terbaiknya.

Termasuk memastikan mobil dapat melaju dengan stabil agar kenyamanan serta kenyamanan penumpang terjamin selama perjalanan.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta, Hardi Wibowo mengatakan laju mobil tidak stabil jangan diabaikan karena selain tidak nyaman juga berbahaya saat dikendarai, bisa menyebabkan kecelakaan karena manuver yang tidak akurat.

Baca juga: Apparel Berkendara Premium yang Punya Harga Terjangkau

Video rekaman detik-detik mobil KIA terpelanting dan terbang setelah menabrak sebuah ban mobil Chevrolet yang terlepas di jalan raya, California, Amerika Serikat. screenshoot Video rekaman detik-detik mobil KIA terpelanting dan terbang setelah menabrak sebuah ban mobil Chevrolet yang terlepas di jalan raya, California, Amerika Serikat.

Laju mobil tidak stabil bisa berupa roda kemudi bergetar kanan kiri padahal permukaan jalan lurus dan rata, atau narik yakni kondisi kemudi lurus tapi laju kendaraan ke kanan atau ke kiri,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (22/3/2024).

Hardi mengatakan idealnya saat mobil melaju roda kemudi bisa lurus dan arah laju kendaraan stabil baik saat akselerasi atau proses perlambatan.

Laju mobil tidak stabil bisa menjadi tanda ada perubahan sudut roda baik dari segi penyetelan atau kerusakan kaki-kaki menurut Hardi.

Baca juga: Asyik Main HP Saat Berkendara, Pengendara Motor Berujung Cium Aspal

Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancingDOK. Bridgestone Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancing

“Yang dibutuhkan mobil bisa cukup spooring saja, tapi bila ada kerusakan kaki-kaki maka dibutuhkan perbaikan lainnya seperti pemeriksaan rack steer, link arm dan sebagainya,” ucap Hardi.

Katakanlah kondisi rack steer oblak, maka pada kondisi tertentu arah roda depan bisa cenderung belok ke kanan dan kiri. Menurut Hardi ubahan sudut roda tersebut meski kecil dapat berpengaruh pada kestabilan laju mobil.

Selain kondisi kaki-kaki dan membutuhkan spooring, laju mobil tidak stabil juga bisa disebabkan oleh ban. Bila kondisi ban ada benjolan, tidak balance, atau oleng maka laju mobil bisa menjadi tidak stabil.

Baca juga: Begini Etika Berkendara yang Baik, Minta Maaf Saat Senggol Spion Mobil


“Penyebab ban tidak mampu berputar dengan stabil bisa karena kondisi ban jelek, perubahan bentuk pelek atau peang, bearing roda oblak dan komponen kaki-kaki lainnya, mereka bekerja saling berhubungan untuk menghasilkan kenyamanan,” ucap Hardi.

Jadi, ketika mobil Anda melaju tidak stabil bisa melakukan pemeriksaan ke bengkel agar ditemukan solusi paling efisien karena tidak semua komponen harus diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com