Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Digital Kia Sonet, Dipoles Jadi Crossover

Kompas.com - 19/03/2024, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Sonet merupakan salah satu SUV dari pabrikan Korea Selatan yang cukup banyak peminatnya. Namun, jarang sekali terlihat ada yang memodifikasi mobil ini.

Salah satu faktornya mungkin karena kurangnya referensi yang ada. Sehingga, banyak orang yang ragu untuk memodifikasi tampilan Sonet secara maksimal.

Baca juga: Kia Luncurkan Sonet Night Edition, Dijual Terbatas

Sebagai referensi, para pemilik Sonet bisa mengikuti modifikasi digital garapan Vishnu Suresh, pemilik akun Instagram @zephyr_designz. Vishnu berhasil memoles karakter SUV pada Sonet menjadi crossover.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Vishnu Suresh (@zephyr_designz)

Terlihat jelas Sonet yang tadinya punya jarak terendah ke tanah cukup tinggi, jadi terlihat ceper berkat disematkannya bodykit pada bagian depan, samping, dan belakang. Untuk membuatnya ceper, pemilik Sonet juga bisa mengganti suspensinya dengan air suspension.

Pada bagian depan, aksen krom pada grille dihilangkan dan dikelir hitam sepenuhnya. Lampu kabut yang tadinya berada di sisi kanan dan kiri bumper depan juga ditiadakan, diganti dengan kisi-kisi untuk lubang udara. Pada kap mesin juga dibikin kisi-kisi lubang udara untuk pelepasan hawa panas dari ruang mesin.

Baca juga: Kia Rilis Teaser Sonet Facelift, Desainnya Lebih Macho

Dilihat dari samping, Sonet jadi terlihat cukup rendah. Bagian bawahnya juga sudah disematkan side skirt dan widebody fender untuk membuat kaki-kakinya terlihat proporsional.

Modifikasi digital Kia Sonet Zephyr Edition Concept 3D RenderDok. @zephyr_designz Modifikasi digital Kia Sonet Zephyr Edition Concept 3D Render

Kaki-kakinya sendiri menggunakan pelek Asanti ABL-21 yang dibalut dengan ban Pirelli P Zero. Sehingga, menampilkan kesan yang sporty.

Pada bagian belakang, bagian atas sudah disematkan spoiler. Lalu, widebody fender pada roda belakang dibuat menyambung dengan bumper belakang.

Modifikasi digital Kia Sonet Zephyr Edition Concept 3D RenderDok. @zephyr_designz Modifikasi digital Kia Sonet Zephyr Edition Concept 3D Render

Bagian bawahnya terdapat rear diffuser yang dilengkapi lampu rem pada bagian tengah. Sementara pada sisi kanan dan kiri, terdapat lubang knalpot dengan model kotak.

Sayangnya, hanya eksteriornya saja yang dimodifikasi secara digital, tidak pada bagian interiornya. Begitu pula dengan dapur pacunya, tapi dengan tampilan seperti di atas, akan lebih baik jika performa mesin sedikit didongkrak dengan tuning ulang atau remap ECU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com