Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Soal Pencurian Baterai Motor Listrik, Moeldoko Sentil Produsen |Komentar Pengunjung Setelah Lihat Langsung BYD Atto 3 di IIMS 2024

Kompas.com - 22/02/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian baterai motor listrik mulai menjadi isu nasional dan meresahkan banyak pihak. Modus kejahatan baru ini bermula sejak pertengahan 2023, dan intensitas terus meningkat.

Laporan awal akan maraknya kasus pencurian baterai pertama kali diterima Kompas.com melalui anggota Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik).

Berdasarkan data yang dihimpun, kasus ini ternyata sudah cukup terstruktur. Lebih lanjut, oknum pencuri ternyata secara spesifik mengincar beberapa model motor listrik tertentu, dengan baterai berjenis litium dan mudah dibobol.

Selain itu, PT BYD Motor Indonesia menghadirkan tiga model sekaligus pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Salah satunya adalah Atto 3, yang membuat banyak pengunjung booth BYD penasaran.

Atto 3 masuk ke dalam kategori SUV listrik. BYD memasarkannya dengan harga Rp 515 juta (OTR Jakarta).

Dengan harga tersebut, BYD memberikan garansi 8 tahun atau 160.000 Km untuk baterai. Sedangkan untuk motor listrik, ada garansi 8 tahun atau 150.000 Km.

Baca juga: Mobil Hybrid Perlu Insentif demi Lepas dari Jebakan 1 Juta Unit

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 21 Februari 2024:

1. Soal Pencurian Baterai Motor Listrik, Moeldoko Sentil Produsen

Seorang driver ojek online mengganti baterai motor listrik di salah satu SPKLU di SPBU MT HaryonoKompas.com/Daafa Alhaqqy Seorang driver ojek online mengganti baterai motor listrik di salah satu SPKLU di SPBU MT Haryono

Menanggapi adanya isu ini, Moeldoko, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) menjelaskan, pihak produsen harus memberikan tanggapan serius dan segera melakukan evaluasi.

Menurutnya, upaya-upaya uji kelayakan dan kualitas motor listrik adalah tanggung jawab utama produsen. Wajib dilakukan karena kaitannya dengan hak-hak konsumen sebagai pengguna.

Baca juga: Soal Pencurian Baterai Motor Listrik, Moeldoko Sentil Produsen

2. Komentar Pengunjung Setelah Lihat Langsung BYD Atto 3 di IIMS 2024

Mobil listrik BYD Atto 3Kompas.com/Donny Mobil listrik BYD Atto 3

Zulham, pengunjung IIMS 2024 dari Bekasi, mengatakan, harga yang dibanderol oleh BYD untuk Atto 3 masih terlalu tinggi. Apalagi, melihat selisihnya dengan Dolphin yang dibanderol Rp 425 juta (OTR Jakarta).

Baca juga: Komentar Pengunjung Setelah Lihat Langsung BYD Atto 3 di IIMS 2024

3. Kisruh Gorengan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu, Begini Regulasi Resminya

Suzuki Jimny 5 pintu Street StyleKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Jimny 5 pintu Street Style

Dalam beberapa hari terakhir, Suzuki Jimny 5 pintu tengah menjadi perhatian para penggemar otomotif. Pasalnya, SUV yang baru meluncur di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 ini ditawarkan di atas harga semestinya.

Minimnya pasokan ketimbang besarnya permintaan, membuat produk terbaru Suzuki ini jadi barang gorengan, istilah kalau mobil dijual lebih tinggi dari pricelist resmi.

Baca juga: Kisruh Gorengan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu, Begini Regulasi Resminya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com