Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perjalanan Jakarta - Bali Naik Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 20/12/2023, 15:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru ke Bali bisa diakses menggunakan mobil pribadi dari Jakarta. Pembangunan jalan tol secara menyeluruh membuat pulang Jawa bisa dijajaki dengan lebih mudah dan cepat.

Memang dibutuhkan perencanaan yang matang untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bali menggunakan mobil pribadi agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika hendak ke Bali menggunakan mobil pribadi yakni terkait biaya pembelian bahan bakar, tarif tol, dan tarif penyebrangan menggunakan feri.

Berikut ini Kompas.com telah merangkum estimasi biaya perjalanan dari Jakarta menuju Bali menggunakan mobil Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Diskon LMPV Akhir Tahun, Stargazer Rp 40 Juta, Xpander Rp 36 Juta

Mitsubishi Xpander saat menepi sejenak di Gerbang Tol Kalingkung, Jawa Tengah.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander saat menepi sejenak di Gerbang Tol Kalingkung, Jawa Tengah.

Menghitung tarif BBM

Tim redaksi Kompas.com sudah pernah melakukan pengujian konsumsi BBM terhadap Xpander dengan memanfaatkan fitur auto stop and go pada rute dalam kota dan hasilnya diperoleh 16,7 Kpl.

Dengan asumsi jarak Jakarta-Situbondo (pelabuhan Ketapang) mencapai 1.053 Km, maka akan dibutuhkan BBM sekitar 63 liter.

Jika asumsinya menggunakan Pertalite Rp 10.000 per liter, maka pelancong perlu menyiapkan uang bensin Rp 630.000. Sedangkan untuk pemakaian Pertamax dengan harga Rp 13.350 per Desember 2023, maka biaya yang perlu dipersiapkan adalah Rp 841.050.

Baca juga: Selama Nataru, 2,8 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang-Merak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

 

Menghitung tarif tol

Berikut rincian tarif di tiap ruas tol untuk kendaraan Golongan I dari Jakarta menuju Bali, dikutip dari Jasa Marga, Rabu (20/12/2023):

  • Tol Outer Ring Road Rp 17.000
  • Tol Jakarta-Cikampek (Japek): Rp 20.000
  • Tol Cikopo-Palimanan (Cipali): Rp 119.000
  • Tol Palimanan-Kanci (Palikanci): Rp 13.500
  • Tol Kanci-Pejagan: Rp 31.500
  • Tol Pejagan-Pemalang: Rp 60.000
  • Tol Pemalang-Batang: Rp 53.000
  • Tol Batang-Semarang: Rp 111.500
  • Tol Semarang ABC: Rp 5.000
  • Tol Semarang-Solo: Rp 92.000
  • Tol Solo-Ngawi: Rp 131.000
  • Tol Ngawi-Kertosono: Rp 98.000
  • Tol Kertosono-Mojokerto: Rp 50.000
  • Tol Mojokerto-Surabaya: Rp 39.000
  • Tol Surabaya-Gempol Rp 27.500
  • Tol Gempol-Pasuruan Rp 46.500
  • Tor Pasuruan-Probolinggo Timur Rp 30.000
  • Total Rp 944.500

Baca juga: Awas Diputar Balik, Ada Radius Pembatasan Beli Tiket Feri di Pelabuhan

Sejak Mei 2020, PT ASDP terapkan digitalisasi pembelian tiket penyeberangan memasuki era baru dengan meluncurkan Ferizy yang dapat diakses melalui website ataupun aplikasi. Pembayaran tiket juga dapat dilakukan melalui transfer, e-wallet, dan gerai ritel.Dok. PT ASDP Sejak Mei 2020, PT ASDP terapkan digitalisasi pembelian tiket penyeberangan memasuki era baru dengan meluncurkan Ferizy yang dapat diakses melalui website ataupun aplikasi. Pembayaran tiket juga dapat dilakukan melalui transfer, e-wallet, dan gerai ritel.

Menghitung tarif feri

Pelancong dari Jakarta yang menggunakan mobil pribadi bisa melakukan pemesanan tiket secara online paling lambat H-1 keberangkatan melalui aplikasi Ferizy agar perjalanan lebih tersusun sesuai rencana.

Tarif penyeberangan menggunakan feri ini melalui pelabuhan Ketapang-Gilimanuk dengan perhitungan per jenis kendaraan. Untuk Xpander termasuk golongan IVA dengan tarif penyeberangan Rp 213.400 pada 24 Desember 2023. Tarif tersebut termasuk penumpang dan bagasi.

Jika ditotal semuanya, maka untuk perjalanan liburan dari Jakarta-Bali (Pelabuhan Gilimanuk) dibutuhkan biaya sekitar Rp 1.787.900 hingga Rp 1.998.950.

Baca juga: Ingat, Beli Tiket Feri untuk Nataru Paling Lambat H-1 Keberangkatan

Kondisi di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi (Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan) Kondisi di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi

Perhitungan ini sifatnya estimasi, belum termasuk biaya tambahan konsumsi, akomodasi, jarak dari rumah ke tol, jarak pelabuhan ke seluruh penjuru Pulau Bali dan pengeluaran penunjang lain untuk liburan.

Sebagai gambaran, begitulah perkiraan biaya transportasi bila mau liburan dari Jakarta ke Bali pakai mobil pribadi, menggunakan Mitsubishi Xpander.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com