Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Beli Tiket Feri untuk Nataru Paling Lambat H-1 Keberangkatan

Kompas.com - 19/12/2023, 21:02 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), masyarakat mulai mempersiapkan segala keperluan. Terutama bagi yang melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi alias road trip.

Buat yang berencana menyeberang ke Pulau Sumatera atau Pulau Bali dari Pulau Jawa, wajib diingat untuk membeli tiket kapal feri sebelum berangkat.

Pasalnya, pemerintah melalui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menerapkan geofencing atau radius pembatasan aksesibilitas pembelian tiket ferry online pada kesisteman Ferizy, aplikasi pembelian tiket.

Baca juga: PO Nagita Transport Luncurkan Bus Baru, Pakai Livery Baru

Pemudik menggunakan sepeda motor saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang BanyuwangiKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Pemudik menggunakan sepeda motor saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

“Batasan radius ini sudah berlaku dan diharapkan hal ini menjadi perhatian bagi pengguna jasa,” ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, dalam keterangan resmi (19/12/2023).

“Kami mohon kerja sama pengguna jasa agar membeli tiket paling lambat H-1 keberangkatan untuk memperlancar arus lalu lintas menuju pelabuhan,” kata dia.

Sementara itu, ASDP terus melakukan sosialisasi masif dan edukasi kepada pengguna jasa yang akan menyeberang agar memastikan telah bertiket sebelum tiba di pelabuhan. Hal ini tentunya untuk menghindari kehabisan tiket sesuai jadwal kapal yang diinginkan.

"Perlu menjadi perhatian bahwa peraturan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, jadi kami harapkan pengguna jasa dapat memperhatikan dengan baik regulasi radius ini," ucap Shelvy.

Baca juga: Melihat Perakitan Mobil Listrik di Megapabrik BYD, Produksi 1.200 Mobil Per Hari

Berikut adalah area batasan pembelian tiket ferizy:

1. Dari sisi terluar Pelabuhan Merak ke Hotel Pesona Merak atau sekitar 4,71 km.

2. Dari sisi terluar Pelabuhan Bakauheni ke Balai Karantina Pertanian atau sekitar 4,24 km.

3. Dari sisi terluar Pelabuhan Ketapang ke Terminal Sritanjung atau sekitar 2,65 km.

4. Dari sisi terluar Pelabuhan Gilimanuk ke Terminal Kargo atau sekitar 2 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com