Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Restorasi Honda Supra X Dilego Rp 32 Juta

Kompas.com - 20/12/2023, 06:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video Honda Supra X laku dengan harga Rp 32 juta heboh di TikTok. Motor bebek lansiran 2002-2003 tersebut direkam di atas pikap tengah dikirim ke Jakarta dan dilapis dengan plastik.

Padahal kalau mengacu di situs penjualan daring, satu unit Honda Supra X lansiran 2002 dijual sekitar Rp 2 juta sampai Rp 7,5 juta.

Motor merupakan hasil restorasi dari Motor Ku Tua, bengkel yang bermarkas di Kota Tangerang, Banten. Ternyata, bengkel ini memang sudah biasa menjual motor restorasi total dan banderolnya tidak ada yang di bawah Rp 20 juta.

Usman, Admin dari Motor Ku Tua bilang, harga yang tinggi tersebut dibilang sudah biasa. Bahkan dapat pengakuan dari pembelinya kalau hasil restorasi Motor Ku Tua itu premium.

Baca juga: Video Viral, Honda Supra X Lancar Terabas Banjir

@motorkutuaa

terjual boskuu, merokeetttttttt

? suara asli - Motorkutua

 

"Kalau ada yang cari motor tua, kelasnya high spec, high end, restorasinya total, sparepart-nya ori baru semua, pengen seperti baru banget ya Motor Ku Tua," kata Usman kepada Kompas.com, Selasa (19/12/2023).

Usman bilang, harga yang tinggi tadi karena penggantian seluruh suku cadang. Bagian bodi saja kalau dirinci ada 183 komponen, belum lagi mesin yang terdiri dari 67 komponen, wajar harganya mahal.

"Bayangin saja itu diganti semua. Enggak ada alasan kenapa bisa dijual segitu, selama ada pembeli sah-sah saja," kata Usman.

Baca juga: Ingat, Beli Tiket Feri untuk Nataru Paling Lambat H-1 Keberangkatan


Kalau dilihat sekilas dari videonya memang Supra X yang dijual tampil mulus seperti motor baru. Blok mesin saat disorot pun bersih, klaimnya diganti semua dengan komponen baru.

"Bisa pesan jadi, bisa juga antre restorasi kalau punya bahan. Waktu tunggu antrenya satu tahun, sekarang baru tersedia di November 2024," kata Usman.

Bicara soal restorasi, apalagi total, memang harus menyediakan kocek yang dalam. Pencarian suku cadang yang orisinal bahkan New Old Stock (NOS) jadi tantangan tersendiri saat melakukan modifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com