Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kustomfest 2023 Digelar Besok, Suguhkan Tema Retro Future

Kompas.com - 06/10/2023, 20:34 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Kustomfest merupakan festival budaya yang menyuguhkan berbagai produk otomotif baik motor dan mobil bertajuk karya seni. Sehingga, dalam acara tersebut akan banyak dijumpai mobil dan motor dengan desain luar biasa.

Karya-karya tersebut merupakan hasil dari kreativitas builder dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan sebagian pesertanya adalah kontestan lomba kustom yakni ada kustom bike show, hot rod & kustom car show, body art show dan lainnya.

Mereka telah melalui seleksi yang cukup ketat untuk bisa tampil dalam festival kostum kali ini. Panitia Kustomfest 2023 mengaku tahun ini peserta yang mendaftar lebih banyak namun yang bisa tampil lebih sedikit demi suksesnya acara tersebut.

Baca juga: Pameran Modifikasi Kustomfest 2022 Sedot 25.000 Pengunjung

Sebuah sedan klasik disulap menjadi flat deck yang nyaman boleh dibawa pulang pengunjung Kustomfest 2023 yang beruntung.Kompas.com/Erwin Setiawan Sebuah sedan klasik disulap menjadi flat deck yang nyaman boleh dibawa pulang pengunjung Kustomfest 2023 yang beruntung.

Director Kustomfest Lulut Wahyudi mengatakan festival tahun ini betul-betul dijaga kesegaran ide dari setiap peserta, sehingga akan terasa memberatkan bagi peserta namun ini demi terselenggaranya tontonan yang berkelas.

“Jangan sampai pengunjung datang jauh-jauh ke Jogja mau melihat pameran mobil kustom, tapi karya yang disajikan usang, misal pernah ikut serta tahun lalu, nah ini kami jaga tidak terjadi pada Kustomfest 2023,” ucap Lulut dalam konferensi pers, Jumat (6/10/2023).

Lulut mengatakan, panitia lebih selektif pada gelaran festival tahun ini agar kaya-karya yang tersaji memang baru dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Baca juga: Pemuda Mojokerto Rebut Chopper Electric Bike di Kustomfest 2022

Sedan klasik bermesin 6 silinder disulap menjadi pick up unik dipersembahkan untuk hadiah peserta Kustomfest 2023 yang beruntung.Kompas.com/Erwin Setiawan Sedan klasik bermesin 6 silinder disulap menjadi pick up unik dipersembahkan untuk hadiah peserta Kustomfest 2023 yang beruntung.

Lulut mengatakan Kustomfest 2023 kali ini bertema Retro Future yang memiliki makna cukup dalam sebagai ajakan kepada masyarakat agar memiliki semangat menciptakan peluang kreativitas dari masa kini untuk menuju masa depan.

“Siapa tahu dari benda-benda di sekitar kita yang kini biasa saja, tapi di masa depan dapat menjadi benda-benda yang memiliki nilai tinggi, lewat Kustomfest 2023 ini kami mengajak masyarakat memiliki semangat tersebut,” ucap Lulut.

Lulut juga menganalogikan pada unit Dakota Kombi yang kini menjadi kendaraan retro bernilai tinggi, padahal dulu mereka hanya sebuah kendaraan operasional di rumah sakit. Ini menandakan ada peluang kita memiliki benda klasik tersebut di masa sekarang.

Baca juga: Morris Minor Dibalut Cat Artistik di Kustomfest 2022

Secara tidak langsung, Kustomfest 2023 juga ingin mengangkat warisan penemuan para insinyur berbentuk kendaraan yang di kemudian tahun menjadi barang bersejarah dan memberikan dampak luas pada industri otomotif.

Sebagai tambahan informasi, harga tiket masuk harian Kustomfest 2023 Rp 100.000 dan berkesempatan mendapatkan hadiah satu unit mobil unik persembahan Director Kustomfest bernama “Gagak Rimang”.

Sementara itu, Kustomfest 2023 akan berlangsung selama dua hari mulai besok 7 - 8 Oktober 2023 di Jogja Expo Centre (JEC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com