Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Dikunci Setang ke Kanan, Pelaku Curanmor Sebut Tak Pengaruh

Kompas.com - 02/10/2023, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencegah aksi maling, banyak tips yang bilang kalau kunci setang ke kanan bisa mencegah aksi maling. Setidaknya, maling jadi kesulitan saat mau mencuri motor tersebut.

Tapi, tips tersebut ternyata tidak terlalu pengaruh, apalagi kalau malingnya sudah ahli. Contoh seperti pada video yang diunggah AKBP Wiwit Ari Wibisono, Wakapolrestabes Semarang di akun TikTok-nya.

Video singkat tersebut berisi wawancara pelaku curanmor. Katanya, kalau kunci setang ke arah kanan, tidak terlalu pengaruh saat pelaku melancarkan aksinya.

Baca juga: Honda CBR150R Jadi Incaran Maling, Dibilang Mudah Dibobol Kuncinya

@akbp_wiwit_waw_2002 Kendaraan yang paling gampang dicuri sesuai pengakuan tersangka #fyp #viral #hatihati #pencurian #kendaraan #pencuriansepedahmotor #semarang #polrestabessemarang #libas #presisi #polri #poldajateng ? suara asli - WIWIT ARI WIBISONO

 

Posisi setang pengaruh enggak? Enggak pengaruh, tetap bisa buka, satu menit," kata dia dikutip Kompas.com, Senin (2/10/2023).

Tapi memang, belum ada yang benar-benar bilang kalau putar setang ke kanan dan dikunci, motor tetap aman dari aksi maling. Seperti yang dikatakan Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusumah.

“Mungkin kalau dari sisi teknis karena dia menggunakan kunci T, yang otomatis membutuhkan ruang gerak. Kalau setang dia belok ke kanan, ruang geraknya menjadi sempit,” ucap Rendra kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Simak, Begini Alur Ambil SIM di Kejaksaan karena Kena Tilang

Bisa dibilang, kunci T yang dipakai untuk melancarkan aksi pencurian, modelnya cukup panjang, jadi mudah diputar. Maka, bagian leher ini yang biasanya mentok ke bagian batok kalau motor dikunci setang ke arah kanan.

“Sama saja dikunci setang ke kanan atau kiri, cuma lebih ke ruang gerak malingnya saja," ucap Rendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com