Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Toyota Innova lawas banyak diburu masyarakat meski usianya sudah memasuki 20 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004 silam.

Mobil ini cukup diandalkan masyarakat lantaran memiliki kabin lega dan nyaman. Dengan tempat duduk tiga baris, Innova lawas bisa menampung 7 orang dewasa.

Didukung sistem AC yang mumpuni dapat menyejukkan kabin hingga tempat duduk penumpang paling belakang.

Baca juga: Perawatan Komponen Innova Lawas yang Harus Dilakukan Berkala

Modifikasi Toyota Innova diesel 2015doc pribadi Askasifi Eka Cesario Modifikasi Toyota Innova diesel 2015

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan Innova lawas dibekali AC cukup mumpuni karena ada beberapa blower yang mencakup kabin baris belakang..

“Innova lawas sudah menggunakan double blower, ini artinya juga dilengkapi dua evaporator sehingga kapasitas freon lebih banyak, mengingat kabinnya memang bongsor," ucap Muchlis kepada Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan AC pada Innova lawas perlu dirawat agar kemampuannya tetap optimal serta mencegah terjadinya kerusakan komponen.

Baca juga: Biar Tidak Menyesal, Perhatikan Ini Saat Membeli Innova Diesel Bekas

Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November Mobil88 Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November

Minimal dilakukan penggantian oli kompresor setiap mobil menempuh jarak 20.000 Km atau setahun untuk menghindari terjadinya penyumbatan dan kerusakan kompresor.

“Hanya saja, untuk perawatan rutin lengkap kami menyarankan untuk melakukan rangkaian treatment sehingga hasilnya lebih baik, yakni tidak cuma penggantian oli kompresor tapi juga pembersihan,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan servis AC pada Innova lawas dibagi menjadi dua jenis, yakni servis rutin ringan dan besar dengan rincian pekerjaan berbeda pula.

Baca juga: Mau Beli Innova Bekas, Pahami Dulu Penyakit Umumnya

“Servis ringan meliputi pembersihan blower, kondensor, filter kabin dan pengecekan sistem AC tanpa dilakukan pembongkaran, sedangkan servis rutin besar adalah pembersihan dengan cara dibongkar semua komponennya,” ucap Muchlis.

Dengan demikian dalam sekali melakukan servis rutin AC Innova lawas membutuhkan biaya mulai Rp 400.000 - Rp 800.000 tergantung mau dilakukan pembongkaran atau tidak saat proses servis.

Untuk informasi lengkapnya, berikut rincian biaya servis AC rutin Innova:

  1. Ganti oli kompresor ND 8, Rp 100.000
  2. Ganti freon, Rp 200.000
  3. Perawatan ringan AC rutin, Rp 100.000
  4. Perawatan besar AC, overhaul dashboard, Rp 500.000
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com