Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Merek yang Jual Mobil Listrik Termahal, Tembus Miliaran Rupiah

Kompas.com - 18/09/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam mobil listrik sudah dipasarkan di Indonesia. Namun, tak sedikit juga yang harganya selangit alias tembus miliaran rupiah.

Dengan harga yang mencapai miliaran rupiah tersebut, maka deretan mobil listrik ini pantas jika disebut mobil mewah. Tidak hanya dari pabrikan asal Eropa, tapi juga Jepang dan Korea Selatan.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Mobil Listrik Wisata Solo

Merek mobil listrik termahal di Indonesia saat ini adalah Porsche, Mercedes-Benz, BMW, Lexus, dan Kia. Model-model yang dimiliki kelima pabrikan ini harganya tidak ada yang ratusan juta rupiah.

Porsche Taycan Sport di area test drive indoor GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Porsche Taycan Sport di area test drive indoor GIIAS 2022

Porsche
Porsche menjadi pabrikan yang memiliki model mobil listrik termahal. Model tersebut datang dari keluarga Taycan. Jika dilihat dari situs resminya, harganya berkisar mulai Rp 2,995 miliar hingga Rp 6,27 miliar, itu pun statusnya off the road.

Pilihannya ada Taycan, Taycan 4 Cross Turismo, Taycan 4S, Taycan 4S Cross Turismo, Taycan GTS, Taycan Turbo, dan Taycan Turbo S. Untuk Taycan Turbo S, yang merupakan model termahal, memiliki spesifikasi yang luar biasa.

Pada lembar spesifikasinya, Porsche Taycan Turbo S dibekali dengan baterai 93,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 623 hp dan torsi maksimal 940 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan secara linear ke seluruh roda melalui transmisi otomatis dua speed.

Porsche Taycan Turbo S punya daya jelajah hingga 390 - 416 Km. Jika dirata-ratakan dengan jarak tempuh masyarakat urban yang mencapai 20-30 Km per hari berarti pengisian baterai hanya dilakukan 1-2 minggu sekali. Mobil ini juga dipakai sebagai safety car untuk ajang balap Formula E.

Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula EDok. Fiaformulae.com Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula E

Porsche

  • Taycan : Rp 2,995 miliar (off the road)
  • Taycan 4 Cross Turismo : Rp 3,38 miliar (off the road)
  • Taycan 4S : Rp 3,74 miliar (off the road)
  • Taycan 4S Cross Turismo : Rp 3,9 miliar (off the road)
  • Taycan GTS : Rp 4,59 miliar (off the road)
  • Taycan Turbo : Rp 5,26 miliar (off the road)
  • Taycan Turbo S : Rp 6,27 miliar (off the road)

Baca juga: Toyota Siapkan Berbagai Baterai Mobil Listrik Generasi Baru

Mercedes-Benz EQS Edition 1Kompas.com/Donny Mercedes-Benz EQS Edition 1

Mercedes-Benz
Pabrikan asal Jerman ini memiliki model mobil listrik yang cukup beragam. Pilihannya mulai EQA, EQB, EQE, hingga EQS. Bahkan, jenisnya juga tak hanya sedan listrik, tapi juga ada SUV listrik.

Rentang harganya cukup beragam, meskipun tidak ada yang harganya ratusan juta rupiah. Mobil listrik Mercedes-Benz dijual mulai RP 1,54 miliar hingga yang termahal mencapai Rp 3,95 miliar, dengan harga off the road.

Untuk model termahal, ada EQS 450+ Edition One. Mobil listrik ini dibanderol dengan harga Rp 3,95 miliar, dengan status off the road. PT Mercedes-Benz Distributor Indonesia (MBDI) mengatakan pihaknya menjual mobil ini secara terbatas.

EQS dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya sebesar 107,8 kWh, yang dapat menempuh jarak 770 Km, jarak terjauh di antara kendaraan listrik di pasar Indonesia.

Mercedes-Benz EQS Edition 1Dok. Mercedes-Benz Mercedes-Benz EQS Edition 1

Mercedes-Benz

  • EQA 250 Electric Line : Rp 1,54 miliar (off the road)
  • EQB 250 Progressive Line : Rp 1,655 miliar (off the road)
  • EQE 350+ Electric Art Line : Rp 2,215 miliar (off the road)
  • EQS 450+ Electric Art Line : Rp 2,984 miliar (off the road)
  • EQS 450+ AMG Line : Rp 3,410 miliar (off the road)
  • EQS 450+ Edition One : Rp 3,95 miliar (off the road)
  • EQS 450 4Matic AMG Line SUV : Rp 3,59 miliar (off the road)

Seremonial Serah Terima BMW i7 Sebagai Sustainable Mobility Partner KTT ke-43 ASEAN PLUS 2023BMW Indonesia Seremonial Serah Terima BMW i7 Sebagai Sustainable Mobility Partner KTT ke-43 ASEAN PLUS 2023

BMW
Satu lagi merek mobil listrik termahal di Indonesia, yakni BMW. Saat ini, BMW Indonesia memasarkan tiga model, yaitu i4 eDrive40, iX xDrive40, dan i7 xDrive60 Gran Lusso.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com