Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Rangka Motor, Yamaha Klaim Rangka Buatannya Punya Kualitas

Kompas.com - 31/08/2023, 15:37 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir-akhir ini persoalan rangka motor jadi ramai diperbincangkan. Banyak kasus seperti rangka berkarat, keropos, bahkan sampai patah.

Menanggapi kasus rangka tersebut, Dyonisius Beti, President Director & CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) percaya diri akan kualitas rangka yang diproduksi Yamaha.

"Secara kualitas, misal NMax dari 2016 sampai sekarang enggak pernah dapat klaim seperti itu (rangka berkarat). NMax juga sudah diekspor ke berbagai negara, CKD dan CBU, semua tidak ada keluhan tentang frame (rangka)," kata Dyon di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Baca juga: Adu Spesifikasi Motor Listrik Honda EM1 e dengan Yamaha NEOS

Rangka motor Yamaha Kompas.com/Fathan Rangka motor Yamaha

Dyon cukup bangga dengan hasil buatannya, terkait kualitas tentu. Pernyataan tersebut juga didukung Hiroshi Takeyama, Marketing Director YIMM.

"Tidak ada laporan masalah rangka ke diler atau pabrik sampai saat ini. Rangkanya kan bukan cuma dipakai di Indonesia, global juga sudah ekspor, kalau ini (masalah rangka) terjadi, tentu akan ada laporan ke pabrik, tapi sejauh ini nol," kata Hiroshi.

Misal ada pemilik Yamaha yang mau klaim soal rangka motornya, bisa datang ke diler. Yamaha juga menyediakan garansi rangka selama satu tahun.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Yadea E8S Pro dalam 1 Tahun Pemakaian

"Kalau masalah pabrik, pasti diganti yang baru, free of charge (gratis) dan secepat mungkin, maksimal dua bulan janji kami," kata Dyon.

Lalu, kalau memang sedang proses ganti rangka di bengkel dan butuh motor, maka pemilik bisa dipinjam motor dari diler tersebut. Ini merupakan layanan ekstra yang disiapkan Yamaha untuk pelanggannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com