Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Mobil Hybrid Selanjutnya dari Toyota

Kompas.com - 20/08/2023, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan kendaraan elektrifikasi di Indonesia, Toyota telah meluncurkan beberapa mobil ramah lingkungannya. Mulai dari hybrid, plug-in hybrid, hingga battery electric vehicle (BEV).

Bahkan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah mulai memproduksi kendaraan elektrifikasi, dimulai dengan Innova Zenix hybrid.

Lalu apa model hybrid selanjutnya? Pasalnya, produsen otomotif raksasa itu sudah memberi sinyal bakal meluncurkan versi hybrid dari mobil Toyota yang sudah diproduksi di Indonesia. 

Baca juga: Toyota Kirim RAV4 GR Sport PHEV ke Konsumen Mulai Oktober

“Nanti ya sabar. Kita selalu berdiskusi dengan prinsipal, waktu dan model apa namanya nanti akan diinformasikan lebih lanjut,” ucap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, menjawab rumor kehadiran Toyota Avanza, saat ditemui Kompas.com, di ICE BSD, Sabtu (19/8/2023).

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Sebelumnya, Bob Azzam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, mengatakan Toyota bakal melakukan produksi kendaraan elektrifikasi jenis hybrid di Indonesia mulai 2022.

Bob juga menyebut bila ada mobil konvensional Toyota yang nantinya akan dikonversikan menjadi hybrid. Melihat dari jenis yang sudah diterima masyarakat, baik lokal maupun pasar ekspor, cukup banyak variannya.

“Kami membuat model yang baru sama sekali, atau model yang sudah ada dibuat hybrid. Kalau kamu mempertimbangkan industri otomotif yang sudah ada, lebih baik kami meng-hybrid-kan model yang sudah ada,” ucap Bob.

Dengan menyematkan teknologi hibrida ke model-model Toyota yang sudah dipasarkan saat ini, otomatis sudah bisa menjaga supply chain.

Selain itu, keuntungan lainnya yang didapat juga sangat baik, terutama untuk model-model yang memang sudah diterima di pasar ekspor.

Berdasarkan sedikit pemaparan tersebut, secara tidak langsung Bob memberi petunjuk bila mobil Toyota yang nantinya akan dikonversi menjadi hybrid. Melihat dari jenis yang sudah diterima masyarakat, baik lokal maupun pasar ekspor, cukup banyak variannya.

Baca juga: Bisa Jadi Koleksi, Replika Lexus dan Land Cruiser Ini Berlisensi Resmi

Mulai Avanza, Innova, Fortuner, bahkan sampai mobil ramah lingkungan alias low cost green car, yakni Agya yang sepak terjangnya sudah dinikmati oleh konsumen bukan hanya di Indonesia tetapi di mancanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com