Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Motor Favorit Maling Motor, Semua Merek Honda

Kompas.com - 03/08/2023, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Secanggih apapun teknologi anti maling di sepeda motor pencuri akan terus mencari akal untuk melancarkan aksi pencurian.

Apalagi jika motor tersebut memang tidak punya sistem keamanan yang memadai, maka akan lebih mudah dicuri.

Baca juga: Tol Bocimi Seksi II Siap Diresmikan, Jakarta-Sukabumi Cuma 2,5 Jam

OA (24 tahun) salah satu tersangka pencuri sepeda motor mengatakan, sindikat pencuri motor punya daftar favorit motor curian. Semuanya dari merek Honda, yaitu Beat, Vario dan Scoopy.

Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.Foto: Dokumentasi Polsek Tambora Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.

"Motor favorit diambil yaitu Beat, Scoopy dan Vario. Tiga itu saja mayoritas. Yamaha ada juga tapi jarang, seperti jenis Nmax ada tapi jarang," kata OA yang Kompas.com temui di Polsek Tambora, Jakarta Barat, Kamis (3/8/2023)

OA mengatakan, tiga motor tersebut favorit bukan hanya karena populasinya paling banyak tapi karena memang paling mudah dijebol dan dibeli oleh penadah.

Baca juga: Selama Operasi Patuh 2023, Polisi Tilang 320.031 Pelanggar

"Mayoritas hanya tiga itu saja sebab mudah dijebol. Paling mudah di antara motor yang lain," kata OA.

Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.Foto: Tangkapan layar Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.

"Mudah dijual juga, mudah ngambilnya juga. Beda dengan motor yang lain," kata OA.

OA mengatakan, tidak butuh waktu lama buat dia untuk menggasak motor curian yang sudah diincar. Tak heran jika setiap hari paling banyak dia bisa mencuri lima motor.

"Hitungan detik. Paling lama satu menit (itu sudah untuk mengintai). Tapi untuk ngambilnya paling 5-10 detik," kata OA yang sudah tiga kali tertangkap kasus pencurian motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com