Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Oli Mobil yang Pemula Harus Tahu

Kompas.com - 17/07/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Mobil memiliki beragam jenis oli yang wajib diganti secara rutin guna menjaga performa serta keawetan komponen.

Ternyata, oli mobil tidak hanya terdiri satu jenis melainkan ada banyak dengan fungsi yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Lantas, oli mobil ada apa saja?

Baca juga: Rumus Hitungan Ganti Oli Gardan dengan Oli Mesin

Ilustrasi oli transmisi AT dan CVTKompas.com/Donny Ilustrasi oli transmisi AT dan CVT

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan ada beberapa jenis pelumas yang terkadang masih susah dibedakan oleh pemula, padahal penting untuk menjaga kualitas dengan menggantinya secara rutin.

“Terutama oli mesin, dia akan lebih cepat kotor karena kontaminannya banyak bisa dari sisa pembakaran, panas, serbuk sisa gesekan antar komponen, kelembaban dan lainnya, karena pelumas ini mengelilingi seluruh komponen dalam dapur pacu,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Hardi mengatakan, selain mesin pengguna juga perlu mengganti oli transmisi. Jenis yang satu ini selain sebagai pelumas juga pentransfer daya putar pada jenis matik.

Baca juga: Rutin Ganti Oli Mesin Bisa Bikin Motor Irit BBM?

Flushing oli matikKompas.com Flushing oli matik

Maka dari itu, penggantian olinya tidak boleh telat bahkan sebaiknya dilakukan lebih dini karena alasan tertentu.

Oli transmisi ada jenis manual dan matik, bahkan tipe matik juga ada ATF, CVTF dan oli khusus transmisi dual clutch, perlu diperhatikan jenisnya agar saat mengganti tidak salah isi,” ucap Hardi.

Selanjutnya ada oli gardan bagi mobil penggerak roda belakang. Jenis oli ini berbeda dengan oli transmisi karena letaknya terpisah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Oli Motuba Lebih Cepat Habis?


“Oli gardan hanya ada pada mobil penggerak roda belakang dengan letak mesin di depan, sedangkan mobil-mobil modern yang sudah penggerak depan letak mesin di depan cukup mengganti oli transmisinya saja,” ucap Hardi.

Setelah itu ada juga oli power steering bagi mobil-mobil yang roda kemudinya dibantu gaya hidrolik sebagai peringan pengemudi.

“Beberapa mobil masih menggunakan power steering tipe hidrolik atau kombinasi, sehingga oli power steering tetap perlu diperhatikan dan diganti secara rutin,” ucap Hardi.

Baca juga: Pemilik Mobil Matik Jangan Sembarangan Pilih Oli Transmisi

Reservoir power steering mobilyourmechanics.com Reservoir power steering mobil

Selain oli yang sudah disebutkan di atas, pemilik mobil juga perlu memperhatikan kondisi cairan lainnya seperti coolant, air aki, minyak rem dan air wiper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com