Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Mobil Matik Jangan Sembarangan Pilih Oli Transmisi

Kompas.com - 05/07/2023, 15:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Oli merupakan salah satu unsur penting pada mobil, termasuk untuk melumasi sistem transmisi.

Berbagai merek oli transmisi juga kini bersaing ketat dengan beragam formula dan kebutuhan tipe atau merek.

Namun tidak sedikit pengguna mobil transmisi matik yang mengabaikan jenis atau merek oli. Sehingga formula oli yang digunakan tidak tepat atau tidak cocok untuk melumasi transmisi. 

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Transmisi Mobil Matik, Bisa Sampai Puluhan Juta Rupiah

Darsono, kepala bengkel Fast Pancoran Jakarta Selatan mengatakan, untuk oli transmisi mobil matik tidak boleh asal dalam menggunakan merek atau jenis oli berbeda. Biasanya dalam jangka panjang akan banyak masalah yang bermunculan pada mobil.

“Misalnya mobil Honda, tapi pakai oli transmisi untuk mobil Nissan. Itu tidak boleh. Mobil matik itu sensitif,” kata Darsono kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Ragam pilihan oli mobil di bengkel Fast Pancoran, Jakarta SelatanKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Ragam pilihan oli mobil di bengkel Fast Pancoran, Jakarta Selatan

Namun Darsono menyayangkan bila saat ini banyak pengguna mobil matik atau mekanik yang tidak paham akan bahaya yang ditimbulkan bila menggunakan oli yang tidak tepat.

Jangka panjang yang ditimbulkan pada mobil matik saat menggunakan oli transmisi yang berbeda adalah operan persneling yang keras. Selain itu, timbul bunyi jedug saat mobil berjalan itu. Hal itu terjadi karena perawatan terhadap mobil matik sembarangan.

Baca juga: Cara Simpel Hindari Stigma Emak-emak Soal Sein Motor

“Itu udah ciri-ciri mobil matik alami masalah. Makanya sebaiknya pakai oli itu untuk tipe yang sudah dirancang untuk merek mobil tersebut, jangan pakai oli untuk merek mobil lain. Formula dari tiap oli itu berbeda. Jangan juga pakai oli mesin atau oli gardan untuk oli transmisi,” kata Darsono.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com