Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Ideal Memanaskan Mesin Mobil yang Jarang Dipakai

Kompas.com - 23/06/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil yang jarang dipakai tentu saja perlu perawatan khusus agar tetap sehat dan awet. Jangan sampai, jarak tempuh masih pendek tapi malah rusak akibat diabaikan oleh pemiliknya.

Salah satu perawatan mobil jarang dipakai adalah memanaskan mesin mobil. Dapur pacu kendaraan tetap perlu dihidupkan agar beberapa komponen tetap sehat.

Lantas, berapa sering idealnya mesin mobil perlu dipanaskan?

Baca juga: Sekeluarga Tewas Usai Bermalam di Mobil dengan AC Menyala, Ini Penyebabnya

Mocil.id menyediakan lebih dari 700 unit mobil bekas yang merupakan milik mitra Moci. Dok. Mocil.id Mocil.id menyediakan lebih dari 700 unit mobil bekas yang merupakan milik mitra Moci.

Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang Paska Estu Wicaksono mengatakan, meski jarang dipakai mobil tetap perlu rutin dipanaskan walau sebentar saja.

“Penyakit umum mobil jarang pakai salah satunya aki tekor, hal ini bisa terjadi lantaran sistem pengisian tidak terjadi, akibatnya aki kekurangan daya listrik. Mobil diam selama sebulan saja bisa gagal starter," ucap Paska dikutip dari Kompas.com, Jumat (23/6/2023).

Menurut Paska setidaknya tetap rutin memanaskan mesin meski hanya sebentar, cukup 3-5 menit saja sirkulasi oli dan arus aki dapat terisi.

Baca juga: Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar, Enggak Usah Digas

Impresi berkendara Honda WR-V di BaliKOMPAS.com/STANLY RAVEL Impresi berkendara Honda WR-V di Bali

Untuk upaya perawatan paling efektifnya, Paska mengatakan idealnya dalam satu minggu sekali mobil digunakan jalan.

“Dengan demikian, oli bersirkulasi, pengisian daya listrik pada aki terjadi dan komponen-komponen lainnya juga bergerak seperti ban yang bisa benjol bila titik tumpunya tidak berganti,” ucap Paska.

Jadi, idealnya mobil dipanaskan sekali dalam satu minggu dengan menggunakannya meski jarak yang ditempuh dekat, demi menjaga beberapa komponen tetap sehat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com