Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pedal Gas Mobil Honda Patah, Ini Penjelasan Honda

Kompas.com - 09/06/2023, 13:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral beredar di media sosial belum lama ini yang memperlihatkan pedal gas mobil Honda patah. Disebutkan bahwa pedal gas tersebut ternyata terbuat dari plastik.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram dengan nama @achmad_subechi, terlihat perekam video sedang memegang patahan dari pedal gas tersebut. Untuk mobil yang digunakan, diyakini modelnya adalah HR-V lama.

Baca juga: Honda e:NY1, Disebut sebagai HR-V Listrik

Namun, sangat jarang sekali ditemukan kasus serupa. Meskipun dari material plastik, tapi plastik yang digunakan pastinya sudah diuji kualitas dan ketahanannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

 

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, berdasarkan data, pihaknya memang tidak pernah menemukan kasus seperti ini sebelumnya.

"Apalagi, mobil Honda telah dilengkapi teknologi seperti Drive-by-wire yang memudahkan pengendara melakukan akselerasi tanpa harus menginjak pedal gas dengan keras," ujar Billy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Rem Otomatis Diduga Aktif, Honda HR-V Diseruduk dari Belakang

Meskipun begitu, Billy menambahkan, pihaknya akan tetap melakukan analisis dan investigasi dengan mengumpulkan informasi dari konsumen terkait untuk mencegah hal ini terjadi di kemudian hari.

Video viral di media sosial yang memperlihatkan pedal gas mobil Honda dari material plastik patahDok. @achmad_subechi Video viral di media sosial yang memperlihatkan pedal gas mobil Honda dari material plastik patah

"Mengenai kualitas material, kami menjamin bahwa setiap komponen yang ada di mobil Honda telah melalui rangkaian uji penggunaan dan keselamatan dengan standar tinggi, terlebih pada model global yang dipasarkan di seluruh dunia," kata Billy.

"Oleh karena itu, konsumen tidak perlu khawatir untuk keamanan dan kualitas kendaraannya," ujarnya.

Untuk diketahui, tidak semua material plastik mudah patah. Sebab, ada juga beberapa material plastik yang cukup kuat, seperti Fiberglass Reinforced Plastic (FRP), Acrylonitrile Butadiene Styrene (plastik ABS), dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com