Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Ninja ZX-6R Baru Meluncur, Tampilan Makin Agresif

Kompas.com - 07/06/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki di Amerika resmi memperkenalkan motor supersport andalannya yakni Ninja ZX-6R, Selasa (6/6/2023). Ubahan yang dilakukan terbilang besar, dari segi desain sampai mesin.

Dikutip dari Motorcyclenews, versi Ninja ZX-6R 2024 ini memiliki gaya yang agresif seperti ZX-10R. Misal di bagian depannya yang berubah, ditambah adanya fitur aerodinamis yang menyatu dengan fairing.

Mesin yang digunakan masih sama, 636cc empat silinder dengan pendingin cairan dan sudah lolos emisi Euro5. Bahkan, Kawasaki klaim tenaganya tembus 130 Tk dengan spesifikasi terbaru, masih tetap bertenaga.

Baca juga: Kove 450RR, Motor China Mau Lawan Kawasaki ZX-4RR

Kawasaki Ninja ZX-6R terbaru dengan ubahan desain muka yang lebih agresifmotorcyclenews.com Kawasaki Ninja ZX-6R terbaru dengan ubahan desain muka yang lebih agresif

Tenaga dan emisi tadi didapatkan berkat penggunaan cam, saluran intake, ditambah knalpot yang baru. Bahkan diklaim ada perbaikan performa di putaran mesin rendah sampai menengah.

Lalu, ZX-6R juga punya sistem suspensi baru dari Showa, quick shifter, tiga mode kontrol traksi, mode power, dan mode berkendara (sport, road, rain). Apalagi, pada bagian instrument cluster kini sudah full digital dengan model TFT 4,3 inci yang bisa terhubung dengan smartphone.

Ubahan lain ada pada sisi pengereman, di depan ada cakram ganda berukuran 310mm dengan kaliper empat piston yang dipasang secara radial. Lalu, sistem ABS-nya pun sudah diperbarui jadi lebih presisi untuk dapat performa yang maksimal.

Baca juga: PO Sinar Jaya Rilis Bus Baru, Lorong Kabin Lapang


Secara desain, ubahan paling besar memang pada bagian depannya saja. Sedangkan pada bagian samping sampai ke belakang masih terbilang sama, tidak banyak berubah.

Ninja ZX-6R mulai tersedia di Oktober tahun ini. Harganya mulai 11.299 Dollar atau setara Rp 167 jutaan. Mari kita tunggu kehadiran motor supersport ini masuk ke Indonesia, melawan Honda CBR600RR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com