Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Siapkan Motor Bebek Super, Saingi Yamaha dan Honda

Kompas.com - 29/04/2023, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara motor bebek, di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina memang masih jadi primadona. Termasuk motor bebek super, dengan kapasitas mesin di atas 150cc yang laku di sana.

Sebut saja ada Yamaha Y16ZR, Honda RS150R, dan Suzuki Raider jadi produk yang banyak digunakan di jalanan. Oleh karena itu, Kawasaki tidak mau kalah dan menyiapkan senjata di segmen tersebut.

Dikutip dari Rideapart, Kawasaki bekerja sama dengan perusahaan Malaysia Modenas untuk menciptakan motor bebek super. Aliansi kedua merek ini untuk jangka waktu yang panjang, disiapkan juga model premium dan commuter untuk Malaysia.

Baca juga: Alasan Kawasaki Hanya Pasarkan Varian Teratas Ninja ZX-4RR

Kawasaki ZX130Foto: motorupdate.net Kawasaki ZX130

Berdasarkan laporan dari Jurnal Pandu Laju, motor bebek super dari Kawasaki dan Modenas sedang dites. Kabarnya, motor tersebut akan masuk produksi dalam waktu dekat.

Saat ini memang belum ada bocoran akan seperti apa bentuknya. Namun, motor bebek super Kawasaki ini mengambil inspirasi desain dari Z1000, jadi tampilannya bisa sangat agresif.

CEO Modenas Roslan Roskan mengatakan kalau motor Kawasaki dan Modenas akan meluncur di 2025. Jadi ekspektasinya, bebek super kolaborasi Jepang dan Malaysia ini dipamerkan pada semester II 2024.

Baca juga: Video Roof Rack Terlepas dan Terbang dari Atap Mobil di Jalan Tol


Soal performa, ekspektasinya motor bebek super Kawasaki dan Modenas akan dibekali mesin antara 150cc sampai 175cc. Lalu, fitur seperti pendingin cairan, VVT, dan DOHC bisa jadi disematkan agar semakin kompetitif.

Kalau melihat tren di Malaysia bebek premium dengan kubikasi mesin 150cc sampai 175cc meningkat penjualannya, menguasai 40 persen. Sedangkan untuk bebek 100cc sampai 125cc, mengalami penurunan sekitar 10 persen dari total penjualan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com