Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2023, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor sport fairing kelas 400cc empat silinder saat ini diisi dengan Kawasaki ZX-4RR. Namun, merek motor asal China yakni Kove menyiapkan 450RR yang bisa jadi pesaingnya.

Dikutip dari Rideapart, pada Eicma 2022 ada merek baru dari China dengan nama Kove. Saat itu, mereka menampilkan model 400RR, tapi setengah tahun kemudian, motor tersebut sudah siap diproduksi dengan sedikit ubahan.

Pertama, namanya berubah, sekarang jadi 450RR. Secara model pun ada ubahan, tidak terlalu agresif seperti 400RR, kini tampilannya lebih konvensional namun tetap ada sisi sporty seperti dipasangi winglet, setang jepit, dan bagian belakang yang agresif.

Baca juga: Motor China Kloning Mesin V-Twin Harley-Davidson

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOVE MOTO (@kovemoto)

 

Bahkan sekilas, motor ini seperti terinspirasi dari Ducati Panigale.

Kemudian soal mesin, tadinya di Eicma, motor ini diperkenalkan dengan mesin 399cc. Berbeda dengan yang nanti dijual, kubikasi mesinnya jadi lebih besar, yakni 443cc empat silinder.

Tenaga yang dihasilkan cukup besar, 70,9 TK di 13.000 RPM dan torsi 37,9 Nm di 10.500 RPM. Tenaga tadi memang masuk rentang Kawasaki Ninja ZX-4RR, yakni sekitar 76 TK dan torsi 37,6 Nm.

Baca juga: Kerap Dianggap Lemah di Tanjakan, Ini Alasan Avanza Pakai Penggerak Roda Depan


Untuk saat ini, Kove memang baru aktif berjualan di China dan beberapa modelnya di jual ke sekitaran Tiongkok namun dengan nama yang berbeda. Tapi secara global, tentu Kove 450RR ini bisa bersaing dengan Kawasaki ZX-4RR.

Nantinya, baru ada dua motor yang mengisi segmen 400cc empat silinder sporty fairing, Kove 450RR dan Kawasaki Ninja ZX-4RR. Menarik rasanya kalau kedua motor ini bisa bersaing langsung di pasar yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com