Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Balap Formula E Berbeda Dengan Lainnya, Ini Keunggulannya

Kompas.com - 02/06/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E merupakan ajang balap yang menjunjung tinggi kampanye ramah lingkungan. Tak hanya mobil balapnya, tapi juga ban yang digunakan.

Musim 2023 menjadi musim kesembilan FIA Formula E diselenggarakan. Musim ini berbeda dari musim-musim sebelumnya, karena Hankook menggantikan Michelin sebagai pemasok ban tunggal.

Baca juga: Digelar Pekan Ini, Simak Rekayasa Lalu Lintas Saat Formula E Jakarta

Dikutip dari situs resmi Hankook, untuk Formula E, pabrikan ban asal Korea Selatan ini sudah menyiapkan lini ban terbarunya yang secara khusus dikembangkan untuk mobil balap listrik.

Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iONDok. Hankook Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iON

Sekitar 30 persen ban ini dirancang khusus untuk mobil balap Formula E Gen3 yang dibuat dari bahan ramah lingkungan. Meski demikian, tidak mengorbankan performa berkendaranya.

Tim balap di Formula E juga bisa menggunakan satu ban untuk kondisi kering dan basah sekaligus untuk menghemat energi. Berbeda dengan ajang balap Formula 1 (F1) yang ban basah dan kering dibuat terpisah.

Baca juga: Penyelenggara Formula E Jakarta Harap Sirkuit Ancol Jadi Arena Tetap

Ban balap ini juga memiliki daya tahan yang lebih awet. Kemudian, setelah pekan balapan terakhir, Hankook akan mendaur ulang semua ban balap yang digunakan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iONDok. Hankook Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iON

Untuk alokasi ban, Formula E hanya mengandalkan delapan ban alias dua set per kejuaraan. Dengan demikian, Formula E menjadi kejuaraan dunia FIA dengan konsumsi ban yang paling sedikit.

Hankook EVolution Technology mengintegrasikan semua keahlian teknologi Hankook Tire dalam performa berkendara dan mengoptimalkannya untuk kendaraan listrik.

Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iONDok. Formula E Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iON

Teknologi canggih ini diklaim memberikan semua yang dibutuhkan oleh kendaraan listrik, seperti pengendaraan yang tenang, kinerja jarak tempuh dengan beban yang tinggi, efisiensi energi, cengkeraman yang tinggi, dan handling yang baik.

Hankook iON diklaim tidak berisik, karena dibuat dengan teknologi Hankook Sound Absorber. Untuk cengkeramannya, kompon generasi ketiga ban Hankook dikembangkan dengan aditif dan peningkatan kandungan silika.

Mobil balap Gen3 dengan ban Hankook bisa langsung disaksikan pada akhir pekan ini dalam Jakarta E-Prix 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com