Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikap Tua Mitsubishi L300 Jadi Andalan Pengusaha Material

Kompas.com - 30/05/2023, 16:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil lawas atau keluaran tahun lama tidak luput dari resiko yang bersangkutan dengan performa kendaraan.

Namun, beberapa pengusaha di Indonesia justru memilih untuk menggunakan kendaraan niaga berupa pikap lawas.

Sri Susanto, salah satu anggota Eltitusi Colt L300 Indonesia mengatakan, untuk usaha merintis bisnis materialnya menggunakan Mitsubishi L300 keluaran 1986.

Menurutnya perawatan pikap lawas sangatlah sederhana, namun punya ketangguhan yang mumpuni untuk menemani usahanya setiap hari.

Baca juga: Alasan Sirkuit Formula E Selalu Dibangun di Perkotaan

“L300 diesel ini, pemakaian sparepart-nya tidak pernah berubah sampai sekarang. Jadi kalaupun trouble, perawatannya sangat gampang. Biarpun mobil tua, tapi pakai sparepart baru masih bisa,” kata Sri di sela-sela acara Kopdarnas Mitsubishi L300, di Yogyakarta, Minggu (28/5/2023).

Pikap L300 tahun 1986 itu dia andalkan untuk mengangkut muatan material atau hasil percetakan batako di seputaran Yogya.

Pada saat alami masalah atau timbul kendala, untuk perbaikannya adalah skala minor yang mudah diatasi oleh Sri tanpa perlu bolak balik bengkel.

Sri Susanto, salah satu anggota Eltitusi Colt L300 Indonesia MMKSI Sri Susanto, salah satu anggota Eltitusi Colt L300 Indonesia

Menurut pria asal Sleman tersebut, menggunakan pikap L300 lawas sangat mudah. Yang penting tidak telat ganti oli, tidak telat isi bahan bakar, dan rutin mengganti isi air radiator.

Baca juga: Kementerian ESDM Siapkan Program Cicilan Konversi Motor Listrik

“Hal –hal sederhana itu sudah cukup menjaga kesehatan L300 yang usianya sudah lebih dari dua dekade. Kendati keluaran lama dan beli bekas, kalau perawatannya baik maka saat dijual lagi harganya tidak akan jatuh,” kata Sri.

Tidak hanya pikap lawas keluaran 1986 saja, Sri juga punya satu lagi mobil L300 keluaran 2012 untuk mengangkut muatan jarak jauh seperti ke Surabaya, Bandung, Semarang dan kota besar lainnya di Pulau Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com