Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2023, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap mobil selalu memiliki ban serep atau cadangan. Sayang, banyak pemilik yang sampai saat ini kurang peduli sehingga saat dibutuhkan malah tak bisa digunakan.

Penting diketahui, ban cadangan mobil juga butuh perawatan seperti ban yang digunakan, karena itu jangan mengabaikan kondisinya.

Menurut On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal, perawatan ban serep sebenarnya sangat mudah dilakukan. Bahkan lebih gampang dari ban utama atau yang digunakan.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Toyota Agya sampai 100.000 Km

"Paling utama cukup menjaga tekanan udara sesuai dengan standar yang telah direkomendasikan pabrikan mobil," ujar Zuplata kepada Kompas.com belum lama ini.

tips membeli ban bekas untuk mobil, perhatikan kondisi fisik luar dalam pada bandrazenzigic/Freepik tips membeli ban bekas untuk mobil, perhatikan kondisi fisik luar dalam pada ban

Zulpata menjelaskan, untuk ban serep yang modelnya sama dengan yang sedang digunakan, disarankan memiliki intial pressure sekitar 44 psi atau 3.0 kg per cm2.

Sementara untuk yang tipenya khusus ban serep, biasanya pada bagian dinding ada tulisan temporary tire dengan tekanan 4.2 kg per cm2 atau sekitar 60 psi.

Terkait perawatan, ada baiknya yang disimpan di kolong mobil lebih diperhatikan. Pemilik mobil sesekali bisa menurunkan ban cadang untuk melakukan pengecekan dan membersihkan, karena biasanya akan lebih kotor dari yang disimpan di bawah bagasi.

Baca juga: Video Viral Ban Mobil Meletus, Diduga Pakai Ban Vulkanisir

Perawatan ban cadangan mobil agar siap digunakan kondisi daruratDicky Aditya Wijaya Perawatan ban cadangan mobil agar siap digunakan kondisi darurat

 

Sedangkan yang berada di dalam bagasi, menurut Zulpata cukup mengecek kondisi tekanan udaranya. Hal ini untuk memastikan bila ban serep tersebut siap digunakan saat dibutuhkan.

"Kalau sekali-kali dikasih pengilap (semir) ban lebih baik lagi, jadi agar kelihatan lebih bersih," kata Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com