Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Murah Bikin Pengunjung PEVS Penasaran

Kompas.com - 21/05/2023, 17:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deretan mobil listrik murah yang dibawa PT Kurnia EVCBU Internasional membuat banyak pengunjung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) penasaran dan memadati booth untuk menlihat-lihat.

Tidak hanya melihat dan mengamati, cukup banyak pula pengunjung yang mengatri melakukan test drive gratis di halaman kompleks JIExpo Kemayoran, tempat diselenggarakannya PEVS.

Richard, Pengusaha Furnitur asal Depok, Jawa Barat, mengaku terpincut setelah melihat stiker besar bertuliskan ‘Harga 85 Juta’ yang terpampang di pintu K-Kooper, salah satu unit yang dibawa PT Kurnia EVCBU.

Dia mengatakan, rencana awalnya mendatangi PEVS 2023 adalah untuk mencari motor listrik. Namun fokusnya beralih setelah mengetahui ada mobil listrik murah di lantai pameran yang sama.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Chery Omoda 5 sampai 100.000 Km

Pengunjung mengamati mobil listrik murah yang dibawa PT Kurnia EVCBUKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung mengamati mobil listrik murah yang dibawa PT Kurnia EVCBU

“Gimana enggak kaget pas tahu ada mobil listrik harganya under 100 juta, jadinya saya kepo buat melihat-lihat,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (21/5/2023).

Hal serupa juga disampaikan oleh Sidiq, pekerja swasta asal Bekasi, Jawa Barat. Tidak hanya melihat-lihat di booth, dia juga melakukan test drive dan menguji kualitas berkendara mobil.

Sidiq menambahkan, sebelumnya dia sudah mendengar merek Kurnia EVCBU dari media online. Kedatangannya di PEVS juga dilandasi oleh keingintahuan terhadap performa mobil listrik murah itu.

Setelah melakoni test drive, Sidiq mengaku kualitas yang didapat cukup serupa dengan harga yang ditawarkan, alias ekspektasinya cukup rendah.

Baca juga: Viral, Video Bocah SMP Pamer HR-V Baru Berujung Kecelakaan

Unit test drive Kurnia EVCBU K-Kooper, mobil listrik murah seharga Rp 85 JutaKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Unit test drive Kurnia EVCBU K-Kooper, mobil listrik murah seharga Rp 85 Juta

“Mungkin istilahnya ada harga, ada rupa. Karena mobilnya memang murah, jadinya kurang begitu nyaman dan lumayans geronjalan waktu saya coba,” ucapnya.

Opini lain juga disampaikan oleh Murti, Ibu Rumah Tangga asal Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dia menganggap K-Kooper memiliki desain yang cukup lucu.

Tidak hanya itu, dia bahkan mengaku akan mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik murah ini. Menurutnya, kendaraan ini cocok digunakan untuk aktivitas di sekitar rumah.

“Enggak repot ngantri isi BBM (bahan bakar minyak) lagi setelah ngantar anak sekolah, atau belanja. Habis dipakai, bisa langsung dicas di rumah,” ucapnya.

Baca juga: Motor Listrik Pakai Speaker Suara Mirip Motor Mesin Bensin

Mobil listrik K-Kooper Kompas.com/Nanda Mobil listrik K-Kooper

Untuk diketahui, PT Kurnia EVCBU membawa dua jenis mobil listrik di PEVS 2023, yakni K-Kooper dan KX-Upgrade. Bisa dibilang, keduanya merupakan mobil listrik paling murah di pameran.

K-Kooper tipe standar dibanderol Rp 85 juta sedangkan tipe Hyper seharga Rp 135 juta, adapun KX-Upgrade seharga Rp 100 juta on the road.

Rivaldi Andiannsyah, Manager Legal Kurnia Motors menjelaskan, mobil-mobil listrik tersebut belum bisa dibeli dengan cara kredit dan harus cash (tunai).

"Kredit belum buka, kita cash dengan dua sistem pembayaran, pertama booking fee, kalau tipe standar (K-Kooper) Rp 30 juta dan tipe high Rp 35 juta, untuk full payment itu sekali bayar di muka, kalau booking fee 14 hari kerja unit belum sampai harus melakukan pembayaran sampai lunas," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com