Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Beli Aki Mobil biar Awet

Kompas.com - 21/05/2023, 13:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan komponen yang kerap mengalami masalah pada mobil. Pasalnya, komponen ini memiliki usia pakai rata-rata tidak panjang, sekitar 2 tahunan saja.

Maka dari itu, aki menjadi onderdil mobil yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Ada banyak penjual aki di pasaran, baik toko aki dari merek ternama, toko aki pinggir jalan bahkan tidak sedikit toko online.

Dengan demikian, pengguna mobil bisa mendapatkan aki dari berbagai sumber. Dalam, membeli aki sebaiknya masyarakat memperhatikan kualitas serta keasliannya, pasalnya banyak beredar aki palsu atau rekondisi.

Baca juga: Hindari Stok Lama, Ini Cara Membaca Kode Produksi Aki

Aki rekondisi merupakan aki bekas yang sudah soak, diperbaiki lalu dijualbelikan.Kompas.com/Erwin Setiawan Aki rekondisi merupakan aki bekas yang sudah soak, diperbaiki lalu dijualbelikan.

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal mengatakan, agar aki awet selain perlu perawatan, masyarakat juga sebaiknya hati-hati saat membelinya.

“Pastikan aki tersebut asli, memiliki tahun produksi yang masih muda, dan membeli hanya di toko terpercaya, misal Shop & Drive resmi, itu bisa menjadi salah satu cara agar mendapatkan aki mobil yang awet selain melakukan perawatan,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Minggu (21/5/2023).

Iqbal mengatakan aki asli dipastikan memiliki kualitas yang lebih terjamin daripada aki palsu atau tiruan di pasaran dengan harga lebih murah.

Baca juga: Fakta Aki Rekondisi yang Beredar di Pasaran

Serupa tapi tak sama, aki palsu memiliki perbedaan pada nama yang tertulis dengan ukuran huruf kecil.Tangkapan layar Serupa tapi tak sama, aki palsu memiliki perbedaan pada nama yang tertulis dengan ukuran huruf kecil.

“Ingat, kualitas aki juga ditentukan dari bahan, konstruksi, dan sistem yang menjaminnya, aki dengan merek terpercaya pasti telah melalui kontrol kualitas dengan lebih baik daripada abal-abal,” ucap Iqbal.

Iqbal mengatakan penting juga memastikan tanggal produksinya dengan membaca kode yang tertera pada bodi aki. Menurutnya, sebaiknya masyarakat membeli aki yang tidak terlalu lama menjadi stok di toko atau gudang.

“Usia aki kan ada masanya, jika terlalu lama menjadi stok tentu akan memotong usia pakainya, sehingga masyarakat perlu jeli memperhatikan kode produksi saat membeli aki,” ucap Iqbal.

Baca juga: Transmisi Matik Bisa Jebol gara-gara Salah Ganti Aki

Shop&DriveFoto: shop-drive-ampera.business.site Shop&Drive

Iqbal mengatakan lama waktu aki baru menjadi stok idealnya tidak lebih dari 6 bulan. Maka dari itu, aki yang baru datang dari pabrik harus segera terjual demi menjaga kualitas.

Jadi, agar mendapatkan aki yang berkualitas masyarakat perlu memperhatikan toko, tanggal produksi dan keasliannya. Dengan demikian, usia aki diharapkan lebih awet karena mendapatkan kualitas yang terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com