Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Beli Mini Cooper Sudah Dua Tahun, tapi Belum Dapat STNK

Kompas.com - 15/05/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang berisi curhatan seorang wanita pemilik mobil Mini Cooper. Tayangan tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @leaglr717, Jumat (12/3/2023).

Dalam narasi video tersebut, dijelaskan bahwa pemilik Mini Cooper itu belum mendapatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Padahal mobil tersebut sudah dibeli sejak dua tahun lalu (2021).

Wanita tersebut juga mengatakan dirinya harus membayar Rp 528.000 untuk keperluan gesek nomor mesin. Meskipun, pada akhirnya biaya gesek mesin tersebut dibayarkan oleh sales.

Baca juga: Video Korban Kecelakaan yang Tidak Pakai Helm, Tengkorak Retak dan Kritis di ICU

Pada unggahan itu juga dijelaskan bahwa pemilik Mini Cooper tersebut mendapat kiriman pelat sementara setiap bulan selama dua tahun karena STNK yang tak kunjung keluar. Hingga akhirnya pemilik Mini Cooper itu mendapat kabar bahwa diler tempat dirinya membeli kendaraan tutup permanen. Padahal STNK dan BPKB mobil belum keluar.

“Sedih banget udah 2 tahun gak jelas gimana STNK & BPKB ku dan katanya dealer bermasalah yang akhirnya ditutup permanen,” tulis akun Tiktok @leahlr1717.

Viral di media sosial video yang berisi curhatan seorang wanita pemilik mobil Mini Cooper.Tiktok.com/leaglr717 Viral di media sosial video yang berisi curhatan seorang wanita pemilik mobil Mini Cooper.

Tim redaksi pun mengkonfirmasi kejadian ini kepada pemilik kendaraan yang diketahui bernama Lea Gloria. Kepada Kompas.com, Lea mengaku membeli mobil Mini Cooper Rosewood Edition Rp 980 juta (off the road) secara tunai pada 8 Maret 2021.

“Waktu itu saya datangnya ke dealer Plaza Mini Tangerang untuk lihat-lihat unit mobil, tapi waktu SPK akhirnya dialihkan ke Maxindo International Nusantara Indah. Tanda jadinya di transfer ke rekening Maxindo karena diarahkan oleh sales untuk transfer Maxindo saja,” kata Lea kepada Kompas.com, Sabtu (13/5/2023).

“Kemudian beberapa hari kan pelunasan, itu juga di transfer ke Maxindo. Jadi semua transaksi ke rekening Maxindo, dan unit dikirim dari Maxindo. Tapi saya belum pernah visit kesana,” lanjut wanita asal Bogor itu.

Mengingat Mini Cooper Rosewood Edition merupakan mobil berstatus Completely Build Up (CBU), Lea estimasikan proses STNK akan memakan waktu 3-6 bulan, sementara untuk TNKB 1-2 tahun.

Namun hingga Maret 2023 kemarin, atau tepatnya 2 tahun setelah Lea membeli mobil Mini Cooper, STNK dan surat-surat kendaran juga tidak keluar.

MINI Indonesia bersama dengan PT Plaza Auto Raya hari ini (30/4/2021) meluncurkan the new MINI Countryman, sekaligus meresmikan diler MINI untuk wilayah Jawa Timur, Plaza MINI Surabaya.MINI Indonesia MINI Indonesia bersama dengan PT Plaza Auto Raya hari ini (30/4/2021) meluncurkan the new MINI Countryman, sekaligus meresmikan diler MINI untuk wilayah Jawa Timur, Plaza MINI Surabaya.

“Saya memang tidak sering memfollow up sales untuk menanyakan kabar STNK & BPKB saya. Saya hanya beberapa kali saja menanyakan nya dan selalu jawabannya tidak jelas prosesnya sudah dimana,” ucap wanita berusia 22 tahun ini.

“Sampai pada akhirnya Maret 2023 kemarin sudah dua tahun surat gak keluar2, saya tanyakanlah ke sales sebenarnya status STNK dan BPKB saya itu bagaimana. Akhirnya dijelaskan oleh sales bahwa sebenarnya dealernya sudah tutup. Management sudah diambil alih oleh Plaza Mini, (dan ini saya tidak tahu sejak kapan sudah tutup),” lanjutnya.

Setelah mendapat kabar tersebut, Lea mengaku kebingungan. Sebab belum mendapat kejelasan terkait surat-surat kendaraan namun ternyata dilernya sudah tutup.

Baca juga: Usai KTT, 25 unit Kendaraan Listrik Dihibahkan ke Polres Manggarai

“Saya sudah tanya (sales) juga kalau saya mau datengin pihak Maxindo harus datang kemana? Namun sales tersebut juga tidak tahu harus datang kemana. Tapi untuk kemajuan informasi, pagi ini sales mengabari bahwa mobil saya sedang masuk proses BBN Bogor,” kata Lea.

Sebagai informasi, Maxindo International Nusantara Indah merupakan mitra ekslusif Mini di Indonesia. Namun, beberapa diler dikabarkan telah tutup permanen lantaran manajemennya telah diambil alih oleh Plaza Mini.

Terkait hal ini, tim redaksi sudah menghubungi pihak BMW Group Indonesia. Namun, sampai berita ini diturunkan masih belum ada jawaban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com