Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikator BBM pada LMPV Sudah di Posisi E, Sisa Berapa Liter Lagi di Tangki?

Kompas.com - 15/05/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna mobil wajib segera mencari stasiun pengisian BBM ketika jarum indikator menunjukkan level E. Meski posisi tersebut diartikan sebagai empty atau kosong, ternyata masih ada cadangan yang cukup banyak.

Cadangan BBM yang tersedia biasanya berkisar antara 10 persen sampai 15 persen dari volume penuh tangki mobil. Jika kapasitas penuh tangki 55 liter, 10 persen dari angka tersebut yaitu 5,5 liter, jika 15 persen menjadi 8,25 liter.

Tentu saja kapasitas BBM pada mobil berbeda-beda, untuk MPV murah biasanya satu tangki penuh bisa sampai 40 hingga 50 liter, tergantung mobilnya.

Baca juga: Isi BBM di SPBU, Lebih Baik Pakai Hitungan Rupiah atau Liter?

Indikator bensin untuk menentukan posisi tutup tangki BBM Kompas.com/Erwin Setiawan Indikator bensin untuk menentukan posisi tutup tangki BBM

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi, mengatakan, rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 liter sampai 45 liter. 

"Jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer, karena ada cadangan sekitar 3 liter sampai 6 liter," ujar Bambang dikutip dari Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Bambang mengatakan, jarak tempuhnya tergantung dari kondisi lalu lintas. Selain itu, beban kendaraan yang terlalu berat atau tekanan udara pada ban juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Sebaiknya hindari kondisi tangki bensin sering kosong atau kurang dari setengah. Sebab, dapat berpotensi terjadi kerusakan pada kendaraan.

Baca juga: Ingat, Pengendara Wajib Turun dari Motor Saat Isi BBM

Mulai hari ini, Selasa (21/2/2023) PT Pertamina Patra Niaga melaksanakan implementasi uji coba full cycle Program Subsidi Tepat untuk pembelian produk Jenis BBM Tertentu (JBT) dengan menggunakan QR Code di Kepulauan Riau (Kepri).DOK HUMAS PERTAMINA Mulai hari ini, Selasa (21/2/2023) PT Pertamina Patra Niaga melaksanakan implementasi uji coba full cycle Program Subsidi Tepat untuk pembelian produk Jenis BBM Tertentu (JBT) dengan menggunakan QR Code di Kepulauan Riau (Kepri).

“Ketika kondisi tangki bensin pada posisi E, maka dapat terjadi kondensasi pada tangki bensin yang dapat menyebabkan bensin bercampur dengan air kondensasi, hal ini lah yang bisa menyebabkan mobil mogok,” ucap Bambang.

Bambang juga mengatakan jumlah BBM tersisa tersebut juga hanya perkiraan, untuk angka sebenarnya tidak bisa diketahui secara pasti karena keterbatasan alat.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi juga mengimbau pengendara agar tidak menyepelekan peringatan di layar indikator.

Baca juga: Saat Motor Isi BBM Dianjurkan Pakai Standar Tengah

"Memang mobil masih bisa menyala, kalau Toyota kira-kira menempuh sampai 20 kilometer lagi, tergantung dari pemakaian. Tapi bukan berarti boleh menunda pengisian BBM, karena kita tidak tahu kondisi jalan macet atau tidak ke SPBU terdekat," ucap Didi dikutip dari Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Lagipula, jika pengendara terlalu sering menjalankan mobilnya dengan keadaan indikator BBM di E, akan terjadi potensi kerusakan.

"Secara teknis, mobil sekarang filter BBM-nya diletakan di dalam tangki. Mungkin saja kalau sering kosong lalu diisi, maka kotoran di filter menumpuk. Dampaknya, mengganggu kinerja pompa bensin," ujar Didi.

Baca juga: Benarkah Mode ECO Bisa Membuat Mobil Lebih Irit BBM?

Berdasarkan pantauan Kompas.com, berikut ini kapasitas BBM model LMPV beserta perkiraan cadangan 10 sampai 15 persennya;

Toyota Avanza 45 liter, cadangan (4,5 liter - 6,75 liter)
Daihatsu Xenia 45 liter, cadangan (4,5 liter - 6,75 liter)
Mitsubishi Xpander 45 liter, cadangan (4,5 liter - 6,75 liter)
Hyundai Stargazer 40 liter, cadangan (4 liter - 6 liter)
Nissan Grand Livina 52 liter, cadangan (5,2 liter - 7,8 liter)
Honda Mobilio 42 liter, cadangan (4,2 liter - 6,3 liter)
Wuling Confero 42 liter, cadangan (4,2 liter - 6,3 liter)
Suzuki Ertiga 45 liter, cadangan (4,5 liter - 6,75 liter)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com