Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kloning Honda Africa Twin, Hengjian HJMoto HJ500-8 dari China

Kompas.com - 15/05/2023, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Africa Twin memang jadi model ikonik dari Honda untuk motor petualang. Bodinya yang ramping serta kemampuannya melibas berbagai medan jalan membuat motor tersebut jadi pilihan orang.

Ingin memiliki motor yang serupa dengan Africa Twin, kini ada versi kloningnya di China, diberi nama Hengjian HJMotor HJ500-8. Soal motor kloning, di China memang sudah jadi pemandangan yang wajar.

Dikutip Rideapart, di atas kertas, HJ500-8 terdengar familiar untuk basisnya, seperti sudah digunakan di berbagai motor China. Mesin ambil dari Loncin, 471cc dua silinder dengan pendingin cairan.

Baca juga: Honda Buat Paten Motor Pakai Supercharger, Mau Dipasang di Africa Twin

Hengjian HJMotor HJ500-8RIDEAPART Hengjian HJMotor HJ500-8

Bisa dibilang, mesin tersebut merupakan reverse-engineered dari mesin Honda CB500. Jadi bukan cuma desainnya saja yang mirip Africa Twin, tapi juga mesinnya ambil inspirasi dari Honda.

Secara kasat mata, desain HJ500-8 sangat mirip Africa Twin, cuma ada sedikit ubahan di beberapa titik agar tidak sama persis. Pelek depan ukurannya 21 inci, belakang 18 inci, sudah setelan motor adventure dan memakai model jari-jari.

Bagian kaki-kaki, suspensi depan dan belakang punya travel 170mm. Sebenarnya masih kurang untuk pemakaian off-road, tapi setidaknya bisa dibawa ke jalanan yang tidak rata karena ground clearance-nya 220mm.

Baca juga: Hasil MotoGP Perancis 2023, Bezzecchi Sempurna, Marquez Jatuh Lagi


Soal fitur, HJ500-8 juga tidak terlalu pelit. Misal ada layar TFT 7 inci sebagai instrument cluster, bahkan ada kamera di depan dan belakang untuk merekam aksi saat bertualang.

Lalu, HJ500-8 juga dilengkapi dengan dual tank, masing-masing 20 liter, jadi totalnya 40 liter. Tentu semakin besar tangkinya, jarak tempuh perjalanan bisa jadi lebih jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com