Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kendaraan Niaga di Indonesia Tembus 5,9 Juta Unit

Kompas.com - 12/05/2023, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil barang atau kendaraan niaga berkaitan erat dengan pertumbuhan perekonomian suatu negara.

Di Indonesia sendiri hampir semua aktivitas logistik tidak bisa lepas dari peran mobil barang seperti truk atau pikap. Maka dari itu, jumlah dari kendaraan niaga juga menentukan kondisi perekonomian suatu wilayah.

Berdasarkan data kendaraan per pulau yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Mei (4/1/2023), total kepemilikan mobil barang secara nasional ada 5.934.803 unit.

Angkat tersebut naik sekitar 92 persen jika dibandingkan dengan catatan pada Januari (4/1/2023) yang mana kepemilikan kendaraan niaga berjumlah 5.759.709 unit.

Jumlah kendaraan niaga yang tembus 5,9 juta unit tersebut hasil dari akumulasi dari kepemilikan mobil barang dari kedelapan pulau di Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku dan Maluku Utara.

Baca juga: Jadi Pebalap Tertua di MotoGP 2023, Aleix Espargaro Belum Mau Pensiun

Persiapan kendaraan niaga di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Persiapan kendaraan niaga di GIIAS 2022

Dari data tersebut, Pulau Jawa masih menyumbang jumlah mobil barang terbanyak yaitu 2.942.368 unit.

Artinya Pulau Jawa menyumbang 49 persen untuk total jumlah mobil barang secara nasional di bulan kelima 2023. Jika secara rinci, Jawa Timur menjadi wilayah dengan populasi mobil barang terbanyak di Pulau Jawa yaitu 773.842 unit.

Lalu Jakarta menjadi wilayah dengan populasi mobil barang terbanyak kedua di Pulau Jawa yaitu 761.329 unit.

Kemudian Sumatera menjadi pulau dengan jumlah mobil barang terbanyak kedua yaitu 1.548.859 unit. Di Pulau Sumatera, Sumatera Utara menjadi wilayah paling banyak menyumbang kepemilikan mobil barang dengan total 309.598 unit.

Baca juga: Daihatsu Pastikan Semua Produk di Indonesia Bebas Skandal Uji Tabrak

Sementara itu, Pulau Maluku dan Maluku Utara menjadi wilayah paling sedikit jumlah mobil barang yaitu hanya 29.674 unit.

Adapun total kepemilikan kendaraan di Indonesia secara keseluruhan yaitu 155.130.047 unit. Torehan tersebut berdasarkan hasil dari akumulasi jenis kendaraan dari tiap pulau yaitu mobil pribadi, bus, mobil barang, sepeda motor hingga kendaraan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com