Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Minta Marc Marquez Dihukum Lebih Berat

Kompas.com - 27/03/2023, 03:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez terlibat insiden fatal dengan Miguel Oliveira yang merupakan sepenuhnya kesalahan dari pebalap Repsol Honda tersebut. Aleix Espargaro berharap Marquez dilarang balapan, minimal satu seri.

Pada balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao, Marquez melakukan manuver agresif untuk menyalip pebalap di depannya. Namun, yang terjadi malah Marquez menabrak Oliveira.

Baca juga: Tabrak Pebalap Tuan Rumah Miguel Oliveira, Marquez Minta Maaf

Marquez pun diganjar penalti dengan dua kali lap panjang pada MotoGP Argentina. Meskipun, Marquez juga nampaknya tidak akan dalam kondisi prima, karena tangannya mengalami cedera.

Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.

Oliveira sendiri lolos dari kecelakaan tersebut tanpa cedera tulang satu pun. Sementara Marquez, mengalami keretakan pada tulang di bagian tangannya.

Mendengar Marquez hanya mendapatkan penalti lap panjang, Aleix Espargaro menanggapinya dengan cukup keras. Menurutnya, Marquez harus mendapatkan penalti yang lebih berat lagi.

Baca juga: Sebelum Tabrak Oliveira, Marquez Senggolan dengan Jorge Martin

"Bagi saya, mereka harus melarang dia untuk balapan satu kali, minimal. Seperti Takaaki Nakagami di Barcelona," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Senin (27/3/2023).

Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).AFP/PAU BARRENA Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).

Aleix mengatakan, kecepatan saat Marquez menabrak Oliveira sangat kencang. Bahkan, bisa saja menghancurkan lutut jika sampai mengenainya.

"Brad (Binder) mengenai lutut saya dan saya kesakitan hingga satu tahun. Jadi, saya berharap Miguel baik-baik saja," kata Aleix.

Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketigatwitter.com/motogp Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketiga

"Kita punya jutaan kamera di motor. Mengapa mereka tidak melihat kamera tersebut dan menganalisanya? Kami hanya 20 pebalap, bukan 100," ujarnya.

Aleix pun menyoroti kejadian lainnya, seperti insiden antara Joan Mir dan Fabio Quartararo serta Luca Marini dan Enea Bastianini. Menurutnya, penalti yang diberikan harus adil dan lebih berat lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com