Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Refleks Pebalap MotoGP, Aleix Espargaro Hampir Tabrak Kucing

Kompas.com - 29/04/2023, 18:25 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sesi latihan bebas atau Free Practice MotoGP Spanyol 2023, ada kejadian yang unik di mana seekor kucing masuk ke dalam Sirkuit Jerez. Refleks pebalap pun diuji untuk menghindari kucing tersebut, seperti yang dilakukan Aleix Espargaro.

Aleix tampak sedang memacu motornya di lurusan belakang dan tiba-tiba ada kucing yang berlari ke dalam trek. Aleix pun langsung melakukan manuver motornya ke arah tengah, menghindari tabrakan dengan kucing tersebut.

Bukan cuma Aleix, pebalap yang ada di belakangnya yakni Raul Fernandez juga melihat kucing tersebut. Beruntung setelah motor lewat, kucing tadi kembali keluar trek.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Spanyol, Miguel Oliveira jadi yang Tercepat

Pada sesi latihan ini, Aleix sebenarnya sempat terjatuh di sebelum berakhir. Pebalap dengan nomor start 41 ini alami lowside di tikungan yang cukup kencang, tapi dia tidak apa-apa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2), Aleix bisa dibilang kembali dengan motor cadangannya. Kondisi cuaca di trek yang cukup labil antara hujan dan kering membuat para pebalap bertaruh, pakai ban basah atau slick.

Aleix jadi salah satu pebalap yang dari awal langsung memakai ban slick atau kering. Sampai akhir sesi kualifikasi, catatan waktu pun semakin cepat, dari yang semula 1 menit 44-an detik sampai semua pebalap catat waktu 1 menit 37-an detik.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2023, Aleix Espargaro Pole Position

Aleix menjadi pebalap tercepat di sesi kualifikasi, mencatatkan waktu 1 menit 37,216 detik. Posisi kedua saat balapan nanti diisi Jack Miller dan ketiga ada Jorge Martin.

Ingat, malam ini pukul 20.00 WIB ada sprint race. Formatnya setengah dari jumlah lap di balapan hari Minggu, menarik rasanya untuk menyaksikan aksi para pebalap saling memacu motornya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com