Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Formula E Jakarta 2023, Perbaikan Sirkuit Ancol Hampir Rampung

Kompas.com - 10/05/2023, 18:29 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E, Jakarta E-Prix 2023 akan digelar pada 3–4 Juni 2023. Saat ini persiapan pernyelenggaraan balap mobil listrik kedua kali di Indonesia itu hampir seratus persen.

Gemma Roura Sera, Strategic Event Planning Director Formula E Operation (FEO), mengatakan, saat ini yang terpenting adalah sirkuit dan trek sudah siap. Sisanya tentang infrastruktur pendukung.

Baca juga: Chery Bangun Pabrik di Malaysia, Bagaimana Nasib Indonesia?

"Ini sangat sangat normal, karena jenis bangunan temporer dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Dan pada kenyataannya, kita telah melampaui target dari rencana pembangunan yang ada,” ujar Gemma dalam keterangan resmi, Rabu (10/5/2023).

Suasana sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (9/5/2023). KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Suasana sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (9/5/2023).

Gemma mengatakan, saat ini perkembangan pembangunan sesuai target bahkan lebih cepat dari rencana awal. Sehingga ke depan pembangunan sirkuit bisa lebih maksimal sebelum tim balapan.

Ivan C. Permana, Project Director Jakarta E- Prix 2023 juga menjelaskan bahwa perbaikan sarana dan prasarana sudah direncanakan matang.

“Targetnya, pengerjaan pemasangan paving block dan penyempurnaan aspal di beberapa titik akan rampung pada minggu ini,” ujar da

Baca juga: Kementerian ESDM Tampung 163 Permohonan Konversi Motor Listrik

Sejumlah masyarakat keluar dari tribun penonton usai menyaksikan ajang balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, pada Sabtu (4/6/2022) soreKOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Sejumlah masyarakat keluar dari tribun penonton usai menyaksikan ajang balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, pada Sabtu (4/6/2022) sore

Panitia, lanjut Ivan, akan segera melakukan pemasangan bangunan temporer untuk pemegang tiket VIP dan VVIP, seperti untuk area Royal dan Deluxe.

Sirkuit Ancol memiliki panjang lintasan 2,4 km dan berada di tengah-tengah kawasan Ancol. Sedangkan lebar sirkuit mencapai 16 meter dengan jumlah tikungan sebanyak 18 tikungan.

Untuk trek lurus sebagai tempat adu cepat diberikan sepanjang 600 meter dengan arah lintasan clockwise atau searah jarum jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com