Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Banding, Marc Marquez Lolos Hukuman Double Long Lap Penalty

Kompas.com - 10/05/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez dipastikan tidak akan menjalani hukuman double long lap penalty saat kembali ke lintasan.

Seperti diketahui, sebelumnya FIM memutuskan untuk memberikan Marquez double long lap penalty buntut dari insiden Marquez menambak Miguel Oliveira di GP Portugal.

Hukuman tersebut berlaku pada MotoGP Argentina yang akan digelar pada Minggu (2/4/2023). Namun, Marquez yang mengalami retak tulang pada tangan kanannya harus absen pada seri tersebut.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Kipas Radiator Mulai Melemah

Dengan begitu, Marquez bisa dikatakan terbebas dari penalti tersebut. Namun, FIM mengubah keputusannya dan memberlakukan penalti tersebut di mana Marquez kembali balapan.

Perubahan sanksi itu langsung diprotes oleh Honda, karena dinilai tidak sejalan dengan regulasi yang berlaku sekarang. Hingga akhirnya Steward FIM kemudian melimpahkan banding Repsol Honda ke pengadilan Banding MotoGP.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Pada Selasa (9/5/2023), Asosiasi Sepeda Motor Dunia mengumumkan bahwa hukuman double long lap penalty Marc Marquez itu batal.

“Pengadilan memutuskan untuk membatalkan Permohonan Sanksi yang dijatuhkan kepada Marc Marquez, yang dikeluarkan oleh FIM MotoGP Stewards Panel sehubungan dengan Sanksi Asal. Pengadilan menilai bahwa Penalti Double Long Lap yang dijatuhkan kepada Marc Marquez oleh FIM MotoGP Stewards Panel pada MotoGP Race of Portugal yang diadakan pada 26 Maret 2023 telah dijalani dengan tidak berpartisipasinya rider pada MotoGP Argentina 2023,” tulis putusan pengadilan banding MotoGP, dikutip dari MotoGP, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Truk ODOL Ngebut Sampai Oleng, Bikin Takut Pengguna Jalan

Dengan begitu, juara dunia delapan kali itu bisa mengikuti balapan tanpa sanksi lebih lanjut.

Namun sayangnya belum dapat dipastikan, apakah rider yang mendapat julukan The Baby Alien itu akan ikut balapan di GP Perancis yang akan digelar akhir pekan ini. Sebab, Marquez masih harus menunggu hasil pemeriksaan kesehatan terkait cedera yang dialaminya akibat kecelakaan di GP Portugal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com