Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Motor Bebek 'Berenang' Terabas Banjir di Surabaya

Kompas.com - 10/05/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video viral di media sosial memperlihatkan aksi seorang pengendara sepeda motor bebek menerabas banjir di jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, Jawa Timur.

Video yang diunggah akun @wadahfakta, nampak si pengendara menggunakan motor Honda Supra X 125 itu dengan santainya menerabas banjir di saat pengendara motor lain justru nampak ragu-ragu atau berputar balik.

“Saat ini jalan sedang banjir, kita akan coba menerobos,” kata si perekam video seraya mendendangkan lagu Pirates of Carribean, dikutip Kompas.com Selasa (9/5/2023).

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88, memberikan tanggapannya terkait video tersebut. Menurutnya, pengendara motor cukup berani, walaupun hal itu bisa dikatakan sangat nekat.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Kipas Radiator Mulai Melemah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bim Bim (@wadahfakta)

“Menurut saya ini terlalu nekat, karena kalau kita lihat di video itu, nampak ketinggian banjir sudah melebihi separuh ukuran ban. Bahkan mobil-mobil di sekitar sudah cukup terendam,” ujarnya.

Dia menjelaskan, motor-motor bebek seperti Honda Supra X 125 memang terkenal tangguh dan cukup kuat digunakan untuk menerabas banjir.

“Saya beberapa kali melihat sendiri di situasi banjir dalam yang bahkan sudah menyentuh leher setang. Motor supra x 125 memang jagoan kalau urusan banjir,” ujarnya seraya tertawa.

Anto menjelaskan, faktor utama kekuatan motor bebek saat menembus banjir adalah karena posisi filter udara dan lubang mesin yang cukup tinggi dibandingkan motor-motor lainnya. Keduanya terletak tepat di bawah setang.

Baca juga: MAB Kenalkan Teknologi Canggih untuk Pantau Kondisi Kendaraan Listrik

Mekanik bengkel resmi Astra Honda sedang memperbaiki kerusakan komponen sepeda motor. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Honda sedang memperbaiki kerusakan komponen sepeda motor.

Hal itu memungkinkan motor bebek sedikit lebih aman dibandingkan motor lainnya kala menembus banjir.

“Tapi tetap tidak boleh menggampangkan perawatan. Motor habis terkena banjir wajib servis di bengkel dan dicuci bersih supaya tidak rusak dan berkarat,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com