Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kecelakaan Bus Pariwisata di Guci Sudah Dievakuasi

Kompas.com - 07/05/2023, 19:04 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korban kecelakaan bus PO Duta Wisata yang terperosok masuk ke jurang di wilayah Guci Kabupaten Tegal pada Minggu (7/5/2023) sudah dievakuasi oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI).

Setelah menerima laporan akan terjadinya kecelakaan, responden awal pihak PMI tiba di tempat kejadian perkara (TKP) pada pukul 8.45 WIB, 45 menit berselang usai kecelakaan.

Mohammad Romadon, Staf Posko Penanggulangan Bencana PMI (PB PMI) menjelaskan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) wilayah Guci.

“Setelah dapat laporan, kami langsung berkoordinasi dengan rekan-rekan SIBAT Guci. Selanjutnya kami segera melakukan proses evakuasi korban dari dasar jurang,” ujarnya ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (7/5/2023).

Baca juga: Bus Masuk Jurang, Benarkah Rem Parkir Bus Mudah Terlepas oleh Anak-anak?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rian Mahendra (@rianmahendra83)

 

Romadon menambahkan, korban-korban diantarkan ke 4 posko medis terdekat yang terdiri dari 2 puskesmas, 1 klinik, dan 1 rumah sakit umum daerah (RSUD).

“Pembagian lokasinya dilakukan sistematis, intinya supaya korban cepat mendapatkan penanganan medis intensif,” kata dia.

AKBP Mochammad Sajarod Zakun, Kapolres Tegal, menjelaskan jika jumlah total penumpang bis berjumlah 50 orang. Semuanya merupakan peserta rombongan ziarah asal Kota Tangerang Selatan.

“Dari jumlah tersebut (50 orang), 37 penumpang sudah ada di dalam bus, sedangkan sisanya belum naik bus. Lalu 37 penumpang tersebut terlibat kecelakaan, yang mengalami luka ringan 35 orang dan yang alami luka berat 2 orang,” ujarnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com