Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Produksi Mobil Listrik, Honda Bakal Bikin Pabrik Netral Karbon

Kompas.com - 29/04/2023, 14:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda mulai melakukan persiapan untuk menuju netralitas karbon. Tak hanya memproduksi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), Honda juga akan membuat pabrik netral karbon.

Dikutip dari Global.honda, Sabtu (29/4/2023), Honda akan melengkapi kembali tiga pabriknya yang ada di Ohio, Amerika Serikat. Ketiga pabrik tersebut terdiri dari dua pabrik mobil dan satu pabrik powertrain.

Baca juga: Honda dan GS Yuasa Kerjasama Bikin Baterai Kendaraan Listrik

Dengan demikian, diharapkan jalur produksi yang sangat efisien dan sangat fleksibel bisa terbangun. Ketiga pabrik tersebut juga nantinya akan menjadi EV Hub Honda untuk produksi di Amerika Utara.

Ilustrasi pabrik Honda di Malaysia.PAULTAN.org Ilustrasi pabrik Honda di Malaysia.

Selain itu, melalui pembentukan teknologi pengurangan CO2 dan penggunaan 100 persen energi bersih melalui pemanfaatan sumber energi terbarukan dan lainnya, Honda akan menjadikan pabrik mobil di Saitama, Jepang, sebagai pabrik netral karbon pertama Honda pada 2026.

Honda juga menyebutkan telah mulai mengerjakan reformasi global sistem produksinya dengan fokus pada produksi model EV yang dijadwalkan mulai dijual pada paruh kedua tahun 2020-an. Inisiatif reformasi akan fokus pada tiga perspektif.

Baca juga: Indonesia Bukan Negara Prioritas Pengembangan Mobil Listrik Honda

Pertama, melalui pendirian jalur produksi yang mengejar otomatisasi dan penerapan teknologi cerdas dengan mempertimbangkan perubahan tenaga kerja di masa depan.

Ilustrasi pabrik Honda Civic Ilustrasi pabrik Honda Civic

Kedua, dengan pendirian pabrik dan rantai pasokan yang sangat efisien yang akan memungkinkan peralihan ke EV dalam waktu singkat.

Ketiga, pergeseran ke proses produksi yang mengurangi emisi CO2 hingga batas maksimal dan mengambil pendekatan sirkulasi sumber daya.

Untuk masa depan, Honda tidak hanya akan memproduksi mobil yang ramah lingkungan. Pabriknya pun juga akan dibuat tanpa emisi dengan mengandalkan beragam teknologi yang canggih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com