Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mudik Pakai Mobil Pastikan Stok Sekring Cadangan Aman

Kompas.com - 19/04/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempersiapkan kondisi mobil dan memastikan kelengkapan komponen-komponen pendukung harus menjadi prioritas pengemudi sebelum berangkat mudik lebaran.

Pastinya, kondisi komponen-komponen utama seperti ban mobil, sistem pengereman, radiator, dan oli harus dipersiapkan terlebih dahulu. Akan tetapi, pengemudi juga tidak boleh melupakan piranti penting lainnya.

Satu komponen yang biasanya luput dari pengecekan adalah sekring atau fuse. Walaupun ukurannya kecil, tapi memegang peranan vital dalam menjalankan fungsi kelistrikan mobil.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani mengatakan, sekring yang rusak saat mudik dijamin bisa menyulitkan pengemudi.

Baca juga: Apakah Bercak Karat pada Cakram Mobil Berbahaya?

kompartemen sekring mobil alias fuse box di dekat mesin mobil Flickr/ShinShin kompartemen sekring mobil alias fuse box di dekat mesin mobil

Dia menjelaskan, fungsi utama sekring mobil adalah untuk menjaga memastikan keamanan sirkulasi arus listrik pada mobil. Tiap sekring memiliki fungsinya masing-masing dan saat ditemukan adanya arus berlebihan, sekring akan putus untuk mencegah terjadinya korsleting.

“Ibaratnya sekring akan putus dan jadi ‘tumbal’ yang bisa mencegah terjadinya korsleting kabel,” kata Juni kepada Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Menurutnya, sekring yang paling rawan rusak adalah sekring di bagian headlamp (lampu mobil) dan power outlet (charger di kabin).

“Dua bagian itu yang paling sering putus, penyebabnya bisa karena umur, atau ada arus listrik berlebih. Kalau sudah putus, sekring harus diganti baru supaya kelistrikan di area terdampak bisa pulih lagi,” ujarnya.

Baca juga: Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi, Atur Semuanya sampai Hal Kecil

Sekring utama mobilInnova Community Sekring utama mobil

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik seperti lampu mobil tidak bisa menyala atau power outlet tidak berfungsi, Juni menyarankan pengemudi untuk memastikan jumlah sekring cadangan sebelum berangkat.

Biasanya pabrikan sudah membekali mobil dengan 3 sekring cadangan. Masing-masing berkapasitas 30 ampere, 40 ampere, dan 50 ampere.

“Untuk jaga-jaga siapa tahu sekring sudah pernah digunakan, sebaiknya diperiksa dan nyetok dulu saja. Sekring ini harganya murah, tapi fungsinya penting. Jadi bisa bikin pusing sekali kalau sekring putus saat mudik, karena belum tentu sekring dijual di rest area,” kata Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com