Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Seri Keempat, Joan Mir Mengaku Sudah Frustrasi

Kompas.com - 17/04/2023, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2023 baru berjalan empat seri dari total 21 seri yang dijadwalkan. Namun, Joan Mir sudah mengaku frustrasi dengan Honda RC213V miliknya.

Pada MotoGP Amerika 2023 di Sirkuit Austin, Mir gagal masuk ke Q2 dan harus start dari posisi ke-13. Lalu, saat sprint race, dia tidak mampu memperbaiki posisinya. Mir hanya naik satu posisi dan finis di posisi ke-12. Padahal, itu sudah terbantukan dengan jatuhnya Alex Marquez dan Fabio Quartararo.

Baca juga: Marquez Absen, Bradl Jadi Rekan Setim Joan Mir di MotoGP Amerika

Semakin parah lagi saat balapan, di mana pebalap Repsol Honda ini terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan. Sedangkan Alex Rins malah berhasil menjuarai seri keempat ini.

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023Dok. @joanmir36official Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023

"Saya sangat frustrasi. Saya tidak bisa membalap seperti yang saya inginkan untuk mengerahkan kekuatan saya. Itulah mengapa ini terlihat suram," ujar Mir, dikutip dari Speedweek.com, Senin (17/4/2023).

Sementara itu, Rins yang juga menggunakan Honda RC213V bisa finis di posisi kedua saat sprint race. Bahkan, Rins bisa menunjukkan performa yang luar biasa melawan Francesco Bagnaia.

Baca juga: Sprint Race MotoGP Argentina, Joan Mir Kecelakaan, Honda Nol Poin

"Tahun lalu, Alex dan saya membalap dengan kurang lebih berada di level yang sama. Bukan rahasia bahwa dia sangat menyukai trek ini dan dia juga selalu kencang di sini," kata Mir.

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023Dok. @joanmir36official Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023

Menurut Mir, tidak banyak membantu jika membandingkan dirinya dengan Rins. Tentu saja timnya bisa melihat data di komputer dan mencari tahu di tikungan mana Rins lebih cepat, dan mungkin bisa sedikit membantu Mir.

"Tapi, daripada melihat orang lain, saya perlu berkaca dan mencari tahu apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan feeling yang tepat dan bisa lebih kencang," ujarnya.

Joan Mir saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 di Sirkuit Portimao, PortugalDok. @joanmir36official Joan Mir saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 di Sirkuit Portimao, Portugal

Kondisi cuaca dengan temperatur yang tinggi juga semakin menyulitkan Mir dalam mengendalikan motornya. Dia harus lebih presisi dalam mengerem dan membuka gas, serta harus sangat berhati-hati dalam memberi tekanan pada ban depan.

Salah satu faktor yang harus ditingkatkan menurut Mir adalah posisinya di motor. Menurutnya, posisi membalap dirinya di atas RC213V belum ergonomis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com