Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Hyundai Ioniq 6 Mulai Dijual di Indonesia?

Kompas.com - 17/04/2023, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tengah mempersiapkan line up kendaraan listrik terbaru untuk pasar Indonesia, yakni Ioniq 6.

Pasalnya, pabrikan asal Korea Selatan itu diam-diam terpantau telah mendaftarkan mobil baru dalam situs Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam laman itu tertulis Ioniq 6 EV 4X4 AT. Mobil tersebut memiliki NJKB senilai Rp 696.000.000. Angka tersebut lebih mahal dibandingkan Ioniq EV yang berada pada rentang harga Rp 434.000.000.

Baca juga: Adu Gagah Hyundai Creta Vs Suzuki Grand Vitara, Pilih Mana?

Namun, NJKB bukan harga patokan ketika mobil dipasarkan ke umum. Harga ini hanya menunjukkan nilai kendaraan sebelum dikenakan pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN dan lain-lain.

Saat dikonfirmasi, pihak Hyundai nampaknya masih enggan membocorkan kehadiran Hyundai Ioniq 6 di di Indonesia.

“Saya belum bisa berkomentar, tunggu saja nanti,” ucap Astrid Ariani Wijana, Head of Marketing Department PT HMID, saat ditemui Kompas.com di Jakarta Selatan, Senin (17/4/2023).

Hyundai telah mendaftarkan Ioniq 6 EV dalam situs Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 
samsat-pkb.jakarta.go.id Hyundai telah mendaftarkan Ioniq 6 EV dalam situs Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketika ditanya lebih jauh, apakah mobil listrik murni Hyundai itu bakal dihadirkan tahun ini, Astrid belum bisa bicara.

Dia memastikan, pihaknya bakal mendukung pemerintah dalam percepatan kendaraan elektrifikasi di Indonesia, salah satunya adalah dengan cara memberikan pilihan model baru untuk konsumen Tanah Air.

“Intinya semua yang dilakukan Hyundai untuk mendukung keberlangsungan, dan juga seperti kita tahu pemerintah Indonesia ingin memberi banyak sekali pilihan demi menunjang ekosistem dan percepatan dari elektrifikasi ini. Kami dari Hyundai berusaha mendukung dengan berbagai cara yang memungkinkan,” kata Astrid.

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 6 sudah lebih dulu diperkenalkan di global seperti di Korea Selatan dan sejumlah negara lain di Eropa.

Hyundai Ioniq 6 Kompas.com/Nanda Hyundai Ioniq 6

Berkaca dari spesifikasi global, Ioniq 6 First Edition menggunakan sistem penggerak semua roda alias all-wheel-drive (AWD).

Baterainya berkapasitas 77,4 kWh yang dipadukan dengan tenaga penggerak dual motor yang menghasilkan output 320 tk dan torsi 605 Nm. Jarak tempuhnya diklaim dapat mencapai 519 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com