Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Parkir Aman Saat Mobil Dipakai Mudik Lebaran

Kompas.com - 17/04/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Perjalanan mudik identik dengan jarak tempuh yang panjang. Sehingga, mobil akan dipacu lebih lama daripada biasanya. Kondisi tersebut tentu saja akan membuat mesin kerja keras.

Demi kebutuhan, mobil harus diberhentikan di rest area dan pengemudi bisa istirahat sejenak agar tubuh kembali segar dan dapat melanjutkan perjalanan dengan aman.

Saat memarkir mobil di rest area juga penting memperhatikan lokasi parkir, pastikan di bawah mobil tidak ada sampah yang mudah terbakar demi menjaga keamanan.

Baca juga: Powerbank, Jadi Penyebab Suzuki Ignis Terbakar Saat Parkir

Api berkobar menghanguskan sebuah mobil di Jalan Tol Jakarta-Tangerang di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (24/3/2023). KOMPAS/RADITYA HELABUMI Api berkobar menghanguskan sebuah mobil di Jalan Tol Jakarta-Tangerang di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (24/3/2023).

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan setelah mobil digunakan cukup lama, itu akan membuat area knalpot yang ada di bawah mobil panas.

“Saat memarkir ada baiknya memperhatikan apakah di area tersebut sudah steril dari benda-benda yang mudah terbakar seperti sampah kering, kertas, rumput kering dan sejenisnya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (17/4/2023).

Dia mengatakan knalpot yang panas setelah perjalanan lama bisa saja membuat benda-benda yang berada di sekitarnya terbakar.

Baca juga: Suzuki Ignis Terbakar Saat Parkir Kondisi Mesin Mati

Petugas pemadam kebakaran Kota Denpasar sedang berjibaku menjinakkan si jago merah dalam peristiwa kebakaran yang melanda sebuah bengkel dan garasi mobil di Jalan Kalimutu, Kota Denpasar, Bali, dilalap api pada Senin (27/2/2023). /Humas Polresta DenpasarYohanes Valdi Seriang Ginta Petugas pemadam kebakaran Kota Denpasar sedang berjibaku menjinakkan si jago merah dalam peristiwa kebakaran yang melanda sebuah bengkel dan garasi mobil di Jalan Kalimutu, Kota Denpasar, Bali, dilalap api pada Senin (27/2/2023). /Humas Polresta Denpasar

“Pada dasarnya panas knalpot bisa membakar benda-benda yang kering dan tipis, sebaiknya diperhatikan agar kebakaran bisa terhindari,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan, selain dari knalpot kebakaran juga bisa dipicu barang mudah terbakar yang ada di dalam kabin.

“Seperti korek api dari gas, bahan bakar dan sejenisnya sebaiknya tidak ditinggal di dalam kabin selama mobil parkir di bawah terik matahari, di buku panduan juga sudah diingatkan untuk menghindari hal-hal tersebut,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Mobil Tiba-tiba Terbakar, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sebuah mobil taksi online terbakar di jalan poros waborobo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada Senin (23/1/2023) sore.DEFRIATNO NEKE Sebuah mobil taksi online terbakar di jalan poros waborobo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada Senin (23/1/2023) sore.

Dia mengatakan uap gas dari korek atau bahan bakar bisa saja mengalami bocor, sehingga di dalam kabin yang panas tersebut mudah sekali terbakar.

Selain itu, perhatikan perangkat listrik yang ada di dalam kabin seperti charger dan sejenisnya, bila memang tidak digunakan sebaiknya dicabut.

“Kita tidak tahu seperti apa kualitas aksesoris elektronik yang ada di pasaran, sebagai langkah pencegahan sebaiknya dicabut semua elektronik yang tidak terpakai sebelum meninggalkan mobil di parkiran,” ucap Ibrohim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com