Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Pasang Teknologi Anti-jatuh buat Gold Wing

Kompas.com - 16/04/2023, 07:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda baru saja mematenkan teknologi untuk mencegah motor jatuh di kecepatan rendah. Harapannya, motor bisa lebih dikendalikan saat didorong untuk parkir atau di garasi.

Memang terdengar biasa saja, tapi teknologi ini bisa menyelamatkan pemilik motor dari tertiban motor saat sedang diparkir.

Apalagi, dari gambar paten yang ada, teknologi ini disematkan ke Honda Gold Wing, motor paling besar, berat, dan canggih dari Honda.

Dikutip dari bennets.co.uk, Honda mematenkan teknologi yang berkaitan dengan asisten kemudi. Jadi teknologi anti-jatuh yang disematkan juga menggunakan komponen yang sama.

Baca juga: Alasan Honda CBR250RR Tanpa Pengaman Kunci Tambahan

Paten Honda Gold Wing, servo yang menjaga motor tidak mudah jatuh saat didorong-dorongBENNETTS.co.uk Paten Honda Gold Wing, servo yang menjaga motor tidak mudah jatuh saat didorong-dorong

Jadi ada motor atau servo yang dipasang ke garpu depan Gold Wing yang bisa membelokkan setang secara otomatis. Servo ini juga sebenarnya ada untuk beberapa paten, seperti lane-assistance dan pencegah kecelakaan.

Jadi servo tadi fungsinya banyak, bisa jadi steering damper dan juga seperti booster untuk membelokkan setang. Jadi pengendara semakin terbantu ketika berkendara dengan motor gede tersebut.

Baca juga: Pabrik Baterai Hyundai 80 Persen, Mobil Hybrid Siap-siap Naik Harga


Nah, untuk paten terbaru, servo tadi disalurkan dengan sensor kemiringan. Jadi saat dorong motor, setang secara otomatis belok sendiri, mencegah motor terlalu miring yang berakibat terjatuh.

Jadi, paten baru ini punya tujuan motor semakin mudah saat didorong tanpa terjatuh. Sebelumnya, Gold WIng sudah dilengkapi dengan low speed maneuvering system dan steering assist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com