Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-8 Lebaran, Banyak Kendaraan yang Sudah Meninggalkan Jakarta

Kompas.com - 16/04/2023, 10:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lalu lintas kendaraan yang melakukan mudik Lebaran mulai ada pergerakan. Salah satunya dari kepadatan kendaraan yang keluar dari Jakarta terpantau meningkat.

Pada H-8 (14/04) Hari Raya Idul Fitri 2023, PT Jasamarga Transjawa Tol catat sebanyak 39.857 kendaraan meninggalkan Jakarta.

“Total volume kendaraan yang meninggalkan wilayah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama ini naik 30,64 persen jika dibandingkan lalu-lintas (lalin) normal sebanyak 30.509 kendaraan,” ujar Ria Marlinda Paallo, VP. Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, dalam keterangan tertulis (15/4/2023).

Baca juga: Quartararo dan Marquez Kecelakaan di Sprint Race MotoGP Amerika

Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

Selain di GT Cikampek Utama, PT Jasamarga Transjawa Tol juga mencatat volume lalu-lintas pada H-8 Hari Raya Idul Fitri 2023 pada Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Misal volume kendaraan GT Kalikangkung menuju Semarang, pada H-8 Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023 tercatat sebanyak 19.737 kendaraan atau naik 10,49 persen dari lalu-lintas normal sebanyak 17.863 kendaraan.

Kemudian, untuk kendaraan yang meninggalkan Semarang di GT Banyumanik tercatat sebanyak 26.245 kendaraan atau naik 3,59 persen terhadap lalu-lintas normal sebanyak 25.336 kendaraan.

Baca juga: Pertamina Siagakan SPBU Modular di Tol Cisumdawu

Sementara itu, pada periode yang sama tercatat sebanyak 20.347 kendaraan menuju Surabaya melalui GT Warugunung atau naik 3,14 persen dibandingkan lalu-lintas normal sebanyak 19,727 kendaraan.

“PT JTT mengimbau kepada pengguna jalan tol Trans Jawa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki perjalanan di jalan tol,” ucap Ria.

“Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com